Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Alleira Ikut Populerkan Batik Betawi Marunda

Alleira Batik bekerjasama dengan Yayasan Meek Nusantara memperkenalkan batik Betawi Marunda dengan tema Suports Batik Betawi Marunda kepada pencinta mode di Butik Alleira Plaza Indonesia
Batik Alleira/Bisnis-reh
Batik Alleira/Bisnis-reh

Bisnis.com, JAKARTA- Alleira Batik bekerjasama dengan Yayasan Meek Nusantara memperkenalkan batik Betawi Marunda dengan tema Suports Batik Betawi Marunda kepada pencinta mode di Butik Alleira Plaza Indonesia.

Direktur Produksi Alleira Batik Anita Asmaya Sanin Direktur Produksi Alleira Batik mngemukakan Alleira membantu mendesain dan menjahit kain batik karya ibu-ibu di Marunda.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan sosial Alleira untuk membantu mengembangkan batik, karena batik Marunda belum banyak dikenal orang,"  kata Anita.

Pihaknya membantu mendesain busana, menjahit batik, menjadi  berbagai model busana, peragaan busana dan memasarkannya.

Semua hasil penjualan busana Alleira for Meek Foundation itu disumbangkan ke Yayasan tersebut. Selain itu, 10% hasil penjualan Alleira Batik selama acara tersebut disumbangkan ke yayasan tersebut dan disalurkan untuk membina  ibu-ibu pembatik di kawasan rumah susun Marunda  itu.

Sebelumnya, kata Anita, batik Marunda itu dijual dalam bentuk kain dan mereka kesulitan dalam pemasaran. Untuk itu, pihaknya membantu merancangnya kain batik itu dalam berbagai bentuk jaket,  kemeja.

Batik Marunda itu mempunyai motif Betawi antara lain ondel-ondel, bajai, Monas, kembang goyang, pengantin Betawi dan lain-lain. Hadir dalam kombinasi warna-warna Nusantara.

Sementara itu, Nike Tirtaji dari Yayasan Meek Nusantara mengatakan kain batik Betawi Marunda itu dikerjakan oleh ibu-ibu di rumah susun Marunda yang merupakan pindahan dari kawasan waduk Puit. Ibu PKK mengajar ibu-ibu itu membuat batik.

Setelah barang sudah jadi, katanya, kain batiknya sulit dijual, karena belum dikenal oleh banyak orang. Untuk itu, Yayasan yang membina penduduk di kawasan itu membantu untuk mengenalkan batik itu  ke kalangan pencinta mode di Ibu Kota.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Efita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper