Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Transjakarta Percepat Pengadaan Bus Tingkat Gratis

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mempercepat pengadaan bus tingkat gratis yang beroperasi di jalan berbayar atau jalur Electronic Road Pricing (ERP) dengan tujuan supaya bus tersebut dapat beroperasi sebelum penerapan ERP tahun depan.
Armada bus Transjakarta/Bisnis
Armada bus Transjakarta/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA--PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mempercepat pengadaan bus tingkat gratis yang beroperasi di jalan berbayar atau jalur Electronic Road Pricing (ERP) dengan tujuan supaya bus tersebut dapat beroperasi sebelum penerapan ERP tahun depan.

Direktur Utama PT Transjakarta Steve Kosasih mengatakan pihaknya diminta oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mempercepat pengadaan dan mengoperasikan bus-bus tingkat itu.

"Nanti akan ada rute-rute pendek yang dilewati karena bus tingkat ini bukan untuk saingan dengan bus Transjakarta dan bus-bus lainnya," kata Kosasih di Balai Kota, Rabu (13/8/2014).

Kemungkinan, lanjut Kosasih, bus tingkat baru itu akan memiliki rute perjalananan antar mal di Jakarta.

"Contohnya dari Kuningan ke Kasablanka ke Gatot Soebroto terus ke Kuningan lagi," paparnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyatakan Pemprov akan membeli 100 unit bus tingkat pada tahun ini melalui e-catalogue. Pria yang akrab disapa Ahok ini tidak mau pengadaan bus tingkat baru melalui tender.

 "Nanti kita suntikkan dana ke PT Transjakarta biar bisa beli tahun depan. Jadi, duit beli busnya enggak di Dinas Perhubungan karena yang mengoperasikan kan PT Transjakarta," tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemprov DKI berencana mengoperasikan bus tingkat gratis sebagai kompensasi penerapan ERP di jalan-jalan utama Ibu Kota.

Dengan adanya bus tingkat gratis ini, diharapkan para pengguna sepeda motor yang biasa melalui jalan utama Jakarta beralih ke bus tingkat karena pemprov DKI melarang sepeda motor melewati jalan berbayar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper