Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LIMBAH CAIR DKI: Pakai Teknologi Ramah Lingkungan dari Hungaria

Pemerintah provinsi DKI Jakarta berencana menggunakan teknologi ramah lingkungan dari Hungaria sebagai salah satu alternatif dalam mengolah limbah cair.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah provinsi DKI Jakarta berencana menggunakan teknologi ramah lingkungan dari Hungaria sebagai salah satu alternatif dalam mengolah limbah cair.

Asisten Perekonomian dan Administrasi DKI Hasan Basri Saleh mengatakan saat ini pihaknya sedang menyiapkan konsep teknologi tersebut untuk selanjutnya akan diserahkan kepada Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja.

"Kita lagi siapkan konsep, baru nanti diajukan ke Pak Ahok [sapaan Basuki]," ujar Hasan saat dihubungi, Jumat (19/9/2014).

Hasan menjelaskan teknologi dari Hungaria ini bernama Fixed-Bed Biofilm Activated Sludge yang merupakan teknologi penggunaan biofilm lumpur aktif dan bakteri yang hidup di akar tanaman.

Nantinya, kultur bakteri yang hidup di akar tanaman ini akan menguraikan zat kontaminasi yang terkandung dalam air limbah.

"Ini adalah salah satu pendekatan baru dalam mengolah limbah cair," lanjut Hasan.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama mengatakan untuk mengolah limbah cair di Jakarta dapat dilakukan dengan dua metode, menggunakan teknologi ramah lingkungan atau memindahkan tempat pengolahan limbah yang saat ini berada di kawasan yang dekat dengan pemukiman warga.

Pemindahan tempat pengolahan limbah cair, seperti di Pulogebang, akan dilakukan apabila teknologi dari Hungaria tersebut tidak dapat mengatasi masalah limbah cair.

Langkah ini akan ditempuh Pemprov DKI setelah warga di sekitar pengolahan limbah cair Pulogebang terganggu dengan bau limbah dan khawatir air tanah akan tercemar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler