Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BUDIDAYA ANGGREK: Dongkrak Ekonomi Tangsel, Vanda Douglas Primadona

Pemerintah Kota Tangerang Selatan tengah mendorong pengembangan budidaya tanaman hias jenis anggrek karena pasarnya potensial
 Anggrek tingkatkan ekonomi Tangsel/
Anggrek tingkatkan ekonomi Tangsel/

Bisnis.com, TANGSEL-Pemerintah Kota Tangerang Selatan tengah mendorong pengembangan budidaya tanaman hias jenis anggrek karena pasarnya potensial.

Kegiatan budidaya tanaman hias tersebut, khususnya anggrek Vanda Douglas yang menjadi komoditi unggulan, dapat mendongkrak perekonomian masyarakat.

Airin Rachmi Diany, Walikota Tangsel, mengatakan upaya mendorong pengembangan tanaman anggrek dilaksanakan melalui program pelatihan budidaya tanaman hias yang pangsa pasarnya bagus itu.

“Pangsa pasar anggrek sangat bagus. Tentunya bisa untuk mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar,” katanya seperti dikutip dari WebTangsel, Senin (22/9/2014).

Menurutnya, varietas tanaman hias jenis anggrek Vanda Douglas menjadi komoditas unggulan, karena proses budidayanya tidak sulit dan pemasarannya relatif mudah.

Dia menjelaskan banyak gabungan kelompok tani yang mendapatkan pembinaan atau program pelatihan budidaya dari satuan kerja perangkat daerah yang terkait.

Kepada para peserta pelatihan, lanjutnya, diberikan modal awal berupa bibit dan pengetahuan menjadi petani anggrek yang sukses.

Airin juga mengungkapkan Pemerintah Kota Tangsel telah menyiapkan lahan untuk budidaya anggrek di kawasan Ciater, Kelurahan Serpong.

"Kami sudah siapkan lahan seluas 5 hektar untuk sentra pertanian, termasuk di dalamnya tanaman hias," ujarnya.

Sementara itu Dadang Rahardja, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Tangsel, mengatakan setiap tahun permintaan pasar anggrek terus meningkat.

Permintaan pasar anggrek Tangsel pada 2012 mencapai 5,5 juta tangkai, kemudian meningkat menjadi 6 juta tangkai pada 2013 dan tahun ini diperkirakan sebanyak 7 juta tangkai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper