Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BUDIDAYA ANGGREK: Dongkrak Ekonomi Tangsel, Vanda Douglas Primadona

Pemerintah Kota Tangerang Selatan tengah mendorong pengembangan budidaya tanaman hias jenis anggrek karena pasarnya potensial
Nurudin Abdullah
Nurudin Abdullah - Bisnis.com 22 September 2014  |  12:34 WIB
 Anggrek tingkatkan ekonomi Tangsel -
Anggrek tingkatkan ekonomi Tangsel -

Bisnis.com, TANGSEL-Pemerintah Kota Tangerang Selatan tengah mendorong pengembangan budidaya tanaman hias jenis anggrek karena pasarnya potensial.

Kegiatan budidaya tanaman hias tersebut, khususnya anggrek Vanda Douglas yang menjadi komoditi unggulan, dapat mendongkrak perekonomian masyarakat.

Airin Rachmi Diany, Walikota Tangsel, mengatakan upaya mendorong pengembangan tanaman anggrek dilaksanakan melalui program pelatihan budidaya tanaman hias yang pangsa pasarnya bagus itu.

“Pangsa pasar anggrek sangat bagus. Tentunya bisa untuk mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar,” katanya seperti dikutip dari WebTangsel, Senin (22/9/2014).

Menurutnya, varietas tanaman hias jenis anggrek Vanda Douglas menjadi komoditas unggulan, karena proses budidayanya tidak sulit dan pemasarannya relatif mudah.

Dia menjelaskan banyak gabungan kelompok tani yang mendapatkan pembinaan atau program pelatihan budidaya dari satuan kerja perangkat daerah yang terkait.

Kepada para peserta pelatihan, lanjutnya, diberikan modal awal berupa bibit dan pengetahuan menjadi petani anggrek yang sukses.

Airin juga mengungkapkan Pemerintah Kota Tangsel telah menyiapkan lahan untuk budidaya anggrek di kawasan Ciater, Kelurahan Serpong.

"Kami sudah siapkan lahan seluas 5 hektar untuk sentra pertanian, termasuk di dalamnya tanaman hias," ujarnya.

Sementara itu Dadang Rahardja, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Tangsel, mengatakan setiap tahun permintaan pasar anggrek terus meningkat.

Permintaan pasar anggrek Tangsel pada 2012 mencapai 5,5 juta tangkai, kemudian meningkat menjadi 6 juta tangkai pada 2013 dan tahun ini diperkirakan sebanyak 7 juta tangkai.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

menko perekonomian tangsel
Editor : Linda Teti Silitonga
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top