Akses Jalan Menuju Stasiun Kereta Api di Tangsel Dilebarkan

Pemerintah Kota Tangerang Selatan tengah mengerjakan proyek pelebaran jalan akses menuju 5 stasiun kereta api yang ada di wilayahnya.
Nurudin Abdullah | 02 Oktober 2014 18:47 WIB
Airin Rachmi Diany, Walikota Tangsel. - Antara

Bisnis.com, TANGSEL-Pemerintah Kota Tangerang Selatan tengah mengerjakan proyek pelebaran jalan akses menuju 5 stasiun kereta api yang ada di wilayahnya.

Airin Rachmi Diany, Walikota Tangsel, mengatakan pelebaran jalan selain untuk memberikan kemudahan akses menuju stasiun juga bertujuan mengatasi kemacetan lalu lintas.

“Secara bertahap kami akan mengatasi titik-titik pusat kemacetan lalu lintas di Tangsel, terutama di sekitar stasiun kereta api,” katanya di Balaikota Tansel, Kamis (2/10/2014).

Dia menjelaskan 5 stasiun kereta api itu adalah stasiun Pondok Ranji, Jurang Mangu, Sudimara, Rawa Buntu dan Serpong yang memiliki areal cukup luas untuk perparkiran kendaraan pribadi milik para penumpang.

Menurut pemantauan Bisnis, proyek pelebaran jalan sedang berlangsung di Jl Cendrawasih dan ujung Jl Tegal Rotan Raya yang menjadi askes menuju stasiun kereta api Jurang Mangu dan akses masuk jalan tol Jakarta-Serpong.

Pelebaran ruas jalan dari Ciputat ke Bintaro di dekat jembatan yang melintasi di atas jalan tol itu sangat penting guna mengatasi kemacetan lalu lintas akibat persilangan kendaraan yang akan masuk gerbang tol dan ke stasiun.

Airin menjelaskan pelebaran jalan akses menuju stasiun kereta api sangat penting untuk memberikan kemudahan bagi warganya yang hendak bepergian dengan menggunakan layanan moda angkutan umum berbasis rel.

Sebab, mencapai sekitar 50% dari warga Tangsel sehari-hari bekerja dan beraktivitas di Jakarta sehingga perlu mendapat dukungan sarana dan prasarana transportasi yang memadai.

Dia mengungkapkan selain melebarkan jalan dan membangun infrastruktur pendukungnya, pemerintah kota Tangsel juga tengah menyiapkan sistem transporasi circle bus yang melintasi 5 staisun tersebut.

Jaringan transportasi circle bus itu, lanjutnya, untuk tahap pertama disiapkan 5 unit armada berupa bus kecil yang melayani rute Pondok Cabe, Ciputat, Pondok Aren, BSD dan Serpong pergi-pulang.

Tag : kereta api, tangsel
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top