Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Karawang Minta Bantuan Pemerintah Pusat Atasi Abrasi

Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, meminta pemerintah pusat turun tangan mengatasi abrasi yang telah menggerus daratan di sekitar wilayah pesisir utara daerah itu.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 09 Oktober 2014  |  16:13 WIB
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, KARAWANG--Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, meminta pemerintah pusat turun tangan mengatasi abrasi yang telah menggerus daratan di sekitar wilayah pesisir utara daerah itu.

Sekretaris Daerah Pemkab Karawang Teddy Rusfendi Sutisna mengatakan penanganan abrasi di wilayah pesisir utara perlu juga ditangani pemerintah pusat karena keterbatasan anggaran daerah. Penanganan abrasi di daerahnya harus dilakukan secara menyeluruh tetapi anggaran yang ada di pemerintah daerah terbatas.

“Karena itu, penanganan abrasi dengan penurapan atau penanaman mangrove di pesisir utara itu tidak bisa hanya dilakukan pemerintah daerah. Kami hanya melakukan penanganan abrasi jangka pendek. Untuk penanganan jangka panjang atau secara keseluruhan belum bisa dilakukan karena terkendala anggaran,” katanya, Kamis (9/10/2014)

Pemerintah daerah hanya mampu mengatasi dengan memasang bronjong (batu kali yang diikat dengan kawat) di sisi pantai. Selain itu, pemasangan turap dan pemecah gelombang berupa karung berisi pasir di sepanjang sisi pantai utara wilayah Karawang.

Abrasi di wilayah pesisir utara Karawang menurutnya sudah cukup parah. Abrasi itu terjadi di hampir sepanjang bibir pantai utara seperti di Kecamatan Pakisjaya, Tirtajaya, Pedes, Cibuaya, Cilamaya, dan sejumlah daerah pantai lainnya.

Kondisi terparah terjadi di sekitar Kecamatan Cibuaya karena sejak beberapa tahun terakhir cukup luas daratan yang tergerus akibat abrasi di daerah tersebut. Akibatnya, puluhan unit rumah di daerah itu rusak sampai akhirnya hilang akibat abrasi berat yang terjadi di sepanjang bibir pantai.

Selain itu, abrasi di sekitar Kecamatan Cibuaya juga menggerus sejumlah areal perkebunan, tambak ikan, jalan raya. Bahkan kini jarak antara jalan dan rumah warga dengan bibir pantai hanya beberapa meter. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

karawang abrasi

Sumber : Antara

Editor : Rachmad Subiyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top