Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kebakaran Pabrik di Bekasi, Disnaker Hitung Kerugian Materi Perusahaan

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Bekasi menghitung kerugian materi perusahaan atas peristiwa kebakaran pabrik kelapa sawit PT Bina Karya Prima.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA—Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Bekasi menghitung kerugian materi perusahaan atas peristiwa kebakaran pabrik produk turunan kelapa sawit PT Bina Karya Prima.

Kepala Disnakertrans Kota Bekasi Abdul Iman mengaku sedang melakukan pemeriksaan khusus di Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk menghitung kerugian perusahaan atas peristiwa kebakaran yang terjadi Jumat (24/10).

Menurutnya, campur tangan Pemkot Bekasi dalam kejadian tersebut untuk memastikan agar hak para pekerja di perusahaan yang memproduksi minyak goreng dan produk kosmetik itu tetap dipenuhi.

“Ada lebih dari 1.000 pegawai di perusahaan itu. Kita perlu pastikan hak kerja karyawannya tetap terjaga,” ujarnya, Senin (27/10/2014).

Imam mengatakan kebakaran hebat yang melanda PT BKP selama 23 jam lebih itu telah melumpuhkan seluruh mesin produksi pabrik. Mayoritas pegawai telah dirumahkan selama proses pemulihan produksi berjalan.

“Kita akan menanyakan seputar masalah penggajian pegawainya seperti apa. Jangan sampai terjadi penambahan angka pegangguran,” katanya.

Pantauan Antara di PT BKP melaporkan tidak tampak adanya aktivitas pekerjaan di lokasi itu. Sebuah selebaran pengumuman nampak tertempel pintu samping perusahaan bertuliskan “Tidak ada aktivitas kerja kepada karyawan sampai waktu yang belum ditentukan".

Secara terpisah Kasat Reskrim Polresta Bekasi Kota, Ujang Rohanda, mengaku akan melibatkan Tim Puslabfor untuk menyelidiki peristiwa kebakaran itu. “Kami kosongkan pabrik tersebut agar Puslabfor bisa dengan mudah masuk melakukan penyelidikan,” katanya.

Pihaknya memastikan kebakaran itu tidak menyebabkan korban jiwa dan luka-luka dari kalangan karyawan dan juga warga sekitar. Hingga kini belum ada konfirmasi apapun dari perwakilan manajemen perusahaan seputar kejadian itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper