Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kartini Blue Bird Dorong Perempuan Bangun Usaha Mikro

PT Blue Bird Tbk. meluncurkan program corporate social responsibility (CSR), Kartini Blue Bird,guna mendorong perempuan Indonesia mengembangkan usaha mikro.
UKM bidang kerajinan tangan/Bisnis
UKM bidang kerajinan tangan/Bisnis

Bisnis.com, BEKASI-- PT Blue Bird Tbk. meluncurkan program corporate social responsibility (CSR), Kartini Blue Bird,guna mendorong perempuan Indonesia mengembangkan usaha mikro.

Ketua Blue Bird Peduli Noni Purnomo mengatakan program social entrepreneurship itu terutama ditujukan bagi ibu-ibu rumah tangga. Kartini Blue Bird diharapkan dapat membekali para Ibu rumah tangga untuk membangun usaha mikro.

“Tujuan akhir kami adalah untuk dapat meningkatkan kesejahteraan ibu dan keluarga. Bahkan menjadi wirausahawan-wirausahawan yang tangguh," katanya di sela-sela peluncuran, Kamis (6/11/2014) .

Dia menjelaskan Kartini Blue Bird adalah kelanjutan dari program pemberdayaan perempuan yang sudah dilaksanakan sejak 2014. Program tersebut memberikan kursus keterampilan kepada istri pengemudi.

“Kini setelah selesai ataupun mahir, mereka bisa menjadi mentor untuk teman-teman lain ataupun membuka usaha sendiri. Tergantung minat dan bakat mereka," ujarnya.

Peserta Kartini Blue Bird akan dibekali secara berkelanjutan melalui sejumlah fasilitas. Noni mengatakan pihaknya menyediakan infrastruktur  berupa rumah belajar dan produksi dengan berbagai fasilitas belajar dan produksi untuk industri rumah tangga dibidang konveksi dan makanan.

Program tersebut akan menggelar sejumlah kelas untuk keterampilan menjahit, menyulam, bedding, memasak, serta membuat kue, dengan pengajar yang juga ibu rumah tangga.

“Para Kartini Blue Bird juga akan mendapatkan pelatihan manajerial, diantaranya bagaimana cara memasarkan barang dan mengembangkan bisnis.”

Di samping itu, Noni menjelaskan pihaknya juga mendorong peserta melalui pembiayaan bisnis berupa dana pinjaman lunak untuk membantu para peserta belajar dalam berproduksi dan memasarkan produknya. Dana tersebut diperoleh baik dari Blue Bird maupun pembiayaan lunak UKM bekerjasama dengan pihak ketiga.

Noni menuturkan pengembalian pinjaman tidak dilakukan dengan dana, melainkan dalam bentuk produk.

"Dengan pembekalan yang diberikan dalam Kartini Blue Bird, kami berharap dapat lahir wirausahawan rumah tangga yang kuat. Dengan demikian, para ibu dapat membantu meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga," katanya..

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper