Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CDIA Blusukan ke Tempat Pembuangan Sampah di Kota Tangerang

Hari kedua Program Review Commitee (PRC) Cities Development Initiative for Asia (CDIA), badan khusus penanganan pembangunan kota di Asia dari Asian Development Bank (ADB) melakukan kunjungan lapangan ke tempat pembuangan akhir Rawa Kucing.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, TANGERANG - Hari kedua Program Review Commitee (PRC) Cities Development Initiative for Asia (CDIA), badan khusus penanganan pembangunan kota di Asia dari Asian Development Bank (ADB) melakukan kunjungan lapangan ke tempat pembuangan akhir Rawa Kucing.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah memandu langsung kunjungan tersebut sambil menjelaskan sistem pengelolaan sampah di Kota Tangerang kepada para delegasi yang berasal dari berbagai negara.

“Mereka [CDIA] sudah membuat kajian analisa awal terkait pengelolaan sampah, dan mereka ingin menyesuaikan kajiannya dengan kondisi di lapangan, sehingga nanti bisa diimplementasikan,” ujarnya di Tangerang, Selasa (16/12/2014).

Menurutnya, CDIA menawarkan program aplikasi teknologi pengelolaan sampah menjadi energi. Utusan dari China, misalnya, menyatakan kesanggupan mendatangkan perusahaan yang bersedia menginvestasikan modal dalam pengembangan energi dari sampah.

“Di China harga listrik US$11 Sen per kWh, sedangkan di Indonesia mencapai US$10-US$15 Sen. Maka, perhitungan bisnisnya sangat menjanjikan, tapi di Indonesia belum ada perusahaan yang bisa mengolahnya,” ujar Arief.

Selain itu, lanjutnya, kerja sama dengan swasta asing di Indonesia terkendala persoalan birokrasi. Oleh karena itu, CDIA berjanji akan akan menjembatani pengurusan kerja sama tersebut.

"Saya sangat tertarik dan sangat enjoy selama di sini. Salut untuk pemerintah atas progress yang dicapainya selama ini,” ujar perwakilan Jerman Ms. Inge.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper