Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Alasan Produk Pertanian Organik Belum Berkembang Pesat

Masalah pemasaran produk hasil pertanian organik dinilai masih menjadi persoalan para pelaku industri dan pemangku kebijakan di sektor tersebut.
Miftahul Khoer
Miftahul Khoer - Bisnis.com 25 Desember 2014  |  16:46 WIB
 Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, BOGOR - Masalah pemasaran produk hasil pertanian organik dinilai masih menjadi persoalan bagi para pelaku industri dan pemangku kebijakan di sektor tersebut.

Pakar Kebijakan dan Ekonomi Pertanian Husein Sawit mengatakan tantangan yang dihadapi sektor industri pertanian organik yaitu terkait supply dan demand yang dianggap belum maksimal.

"Hingga saat ini permintaan dan pasokan untuk produk pertanian organik belum begitu signifikan. Ini berdampak pada peningkatan produksi dan pemasarannya," ujarnya pada Bisnis, Kamis (25/12/2014).

Husein memaparkan diperlukan kerja sama antara pemerintah, petani organik dan masyarakat sebagai upaya meningkatkan pemahaman pentingnya mengkonsumsi produk pertanian organik.

Menurutnya, apabila semua pihak sadar bahwa produk pertanian organik dapat memberikan dampak baik pada kesehatan dan lingkungan, secara otomatis supply dan demand akan meningkat.

"Selama ini kan masyarakat lebih memilih produk pertanian non organik karena murah dan mudah didapat. Sementara pertanian organik dianggap terkesan eksklusif dan terbatas," paparnya.

Akan tetapi pihaknya optimistis tingkat konsumsi produk hasil pertanian organik akan meningkat seiring tumbuhnya masyarakat generasi muda dan berpendidikan yang aware akan kesehatan pola makan.

Dengan demikian, kata dia, peluang produk pertanian organik untuk dikonsumsi masyarakat bukan hanya bertumpu di kalangan masyarakat kelas menengah semata.

"Asalkan pemangku kebijakan bersedia memberikan berbagai intensif kepada para petani organik yang bisa mendorong masyarakat berangsur mengkonsumsi produk organik," ungkapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

organik produk pertanian organik
Editor : Nurbaiti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top