Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pengolahan Sampah: Tangsel Mendapat Bantuan Infrastruktur Sistem ITF

Pemerintah Kota Tangerang Selatan mendapat bantuan infrastruktur pengelolaan sampah dengan sistem Intermediate Treatment Facility (ITF) dari Kementrian Pekerjaan Umum.
Nurudin Abdullah
Nurudin Abdullah - Bisnis.com 27 Januari 2015  |  20:37 WIB
Ilustrasi - Bisnis.com
Ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com, TANGSEL-Pemerintah Kota Tangerang Selatan mendapat bantuan infrastruktur pengelolaan sampah dengan sistem Intermediate Treatment Facility (ITF) dari Kementerian Pekerjaan Umum.

Pembangunan infrastruktur pengelolaan sampah tersebut sedang berlangsung di atas lahan seluas 2.000 m2 di wilayah Kelurahan Parigi, Kecamatan Pondok Aren, Tangsel.

Yepi Suherman, Kepala Bidang Kebersihan Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman Tangsel, menjelaskan pembangunan tempat pengelolaan sampah dengan sistem ITF itu menelan dana sekitar Rp10 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara.

" ITF belum diserahterimakan dari Kementerian ke Pemkot Tangsel. Namun, saat ini tempat pengelolaan sampah itu sudah diujicobakan,” katanya seperti dikutip situs resmi pemkot Tangsel, Selasa (27/1/2015).

Menurutnya, Kementerian Pekerjaan Umum hanya membangun tiga infrastruktur pengelolaan sampah dengan sistem ITF di Tanah Air, yang masing-masing di daerah Aceh, Bima, dan Kota Tangerang Selatan.

Dia menjelaskan ITF di Parigi, Kecamatan Pondok Aren dapat menampung sekitar 6-7 ton sampah per hari, yang berasal dari daerah sekitarnya, sehingga dapat mengurangi beban TPA Cipeucang yang mencapai 150 ton per hari.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tangerang selatan sampah
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top