Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BANJIR TANGERANG: Ini Penyebab Banjir Besar di Tangerang

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang menyatakan banjir yang melanda lima kecamatan di Kota Tangerang disebabkan luapan dua saluran air yakni Kali Sabi dan Kali Angke.

Bisnis, TANGERANG—Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang menyatakan banjir yang melanda lima kecamatan di Kota Tangerang disebabkan luapan dua saluran air yakni Kali Sabi dan Kali Angke.

Sekretaris BPBD Kota Tangerang Rahmat Hendra mengatakan banjir yang melanda wilayah Barat Kota Tangerang seperti Periuk dan Karawaci akibat luapan Kali Sabi.

“Sementara banjir yang melanda wilayah Timur Kota Tangerang seperti Ciledug, Cipondoh dan Karang Tengah akibat luapan Kali Angke yang melintasi pemukiman penduduk,” ujarnya di Kota Tangerang, Rabu (11/2/2015).

Menurutnya, curah hujan yang tinggi serta air kiriman dari Bogor telah mengakibatkan air di dua kali tersebut meluap ke pemukiman warga.

Menurut catatan bisnis.com, program antisipasi banjir di Kota Tangerang telah digerakkan sejak akhir tahun 2014. Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah ketika itu menyatakan pada tahun ini Pemkot Tangerang akan menormalisasi lima sungai untuk mengatasi banjir.

Kelima sungai tersebut adalah Sungai Cisadane, Cirarab, Sabi, Kali Angke dan Cantiga. Selain itu, untuk penanganan banjir pada 2015, Pemkot Tangerang telah mengalokasikan dana senilai Rp60 miliar.

Jumlah tersebut masih akan bertambah seiring dengan adanya bantuan dari Pemerintah Pusat senilai Rp200 miliar, di luar anggaran untuk normalisasi Kali Cisadane yang telah dimasukkan dalam APBN-P sekitar Rp1,5 triliun-Rp1,9 triliun.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper