Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mulai April, Naik APTB & Kopaja Bayar Pakai e-Ticketing

Seluruh koridor Transjakarta kini sudah menerapkan penggunaan e-ticketing. Uang elektronik tersebut ditargetkan juga bisa dimanfaatkan bagi armada angkutan yang terintegrasi busway seperti APTB dan Kopaja.
Veronika Yasinta
Veronika Yasinta - Bisnis.com 23 Februari 2015  |  21:32 WIB
Mulai April, Naik APTB & Kopaja Bayar Pakai e-Ticketing
Sejumlah calon penumpang bus Transjakarta membeli kartu uang elektrik di halte Transjakarta Manggarai, Jakarta Selatan, Sabtu (21/2). - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seluruh koridor Transjakarta kini sudah menerapkan penggunaan e-ticketing. Uang elektronik tersebut ditargetkan juga bisa dimanfaatkan bagi armada angkutan yang terintegrasi busway seperti APTB dan Kopaja.

Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Steve Kosasih mengatakan Kopaja dan APTB dapat sepenuhnya bergabung dalam jalur khusus busway, termasuk penerapan uang elektronik.

"April ini semuanya sudah harus terintegrasi. Terutama sistem e-ticketing," ujarnya di Balai Kota, Senin (23/2/2015).

Dia mengakui masih perlunya sosialiasi yang intensif kepada Kopaja dan APTB terkait dengan kewajiban aturan penggunaan tiket elektronik. Saat ini, penumpang APTB dan Kopaja masuk ke halte busway dengan tiket elektronik, selanjutnya di dalam bus membayar sesuai ketentuan.

Dia meyakinkan bahwa integrasi ini akan menguntungkan semua pihak. Konsekuensinya, APTB dan Kopaja tidak boleh menurunkan dan menaikkan penumpang secara sembarangan. Steve menuturkan kerja sama ini sebagai langkah untuk memperbanyak jumlah angkutan umum yang terintegrasi jalur busway.

"Untuk kami, seolah-olah ada penambahan armada. Untuk Kopaja dan APTB lebih diuntungkan karena dengan sistem rupiah per kilometer, dia bisa pulang-pergi setidaknya empat kali," katanya.

Hingga kini terdapat 86 unit Kopaja dan 197 unit APTB yang terintegrasi dengan jalur khusus bus. Penambahan sebanyak 78 unit berupa Trans-Jabodetabek dari Kementerian Perhubungan ditargetkan beroperasi tahun ini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

busway transjakarta e-ticketing
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top