Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pengusaha Mikro Tangsel Sambut Positif Izin Usaha Satu Lembar

Sejumlah pengusaha skala mikro dan kecil di Tangerang Selatan menyambut positif kebijakan pemerintah mengenai penerbitan izin satu lembar yang rencana diberlakukan mulai Juli 2015.
Nurudin Abdullah
Nurudin Abdullah - Bisnis.com 24 Maret 2015  |  18:07 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, TANGSEL-- Sejumlah pengusaha skala mikro dan kecil di Tangerang Selatan menyambut positif kebijakan pemerintah mengenai penerbitan izin satu lembar yang rencana diberlakukan mulai Juli 2015.

Rodhi, pengusaha percetakan dan sablon Jl Mawar Ciputat, Tangerang Selatan, mengatakan kebijakan tersebut sangat membantu bagi pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) yang kondisi modalnya relatif terbatas.

“Kami sangat senang dengan kebijakan baru itu selain proses pengajuan izin usaha menjadi lebih simpel, dan apalagi jika surat izin tersebut bisa dipakai untuk pengajuan kredit ke bank,” katanya Selasa (24/3/2015).

Menurutnya, beberapa rekan sesama pelaku UMK bidang percetakan, maupun  industri makanan dan usaha jasa yang berdomisili di wilayah Tangsel berharap agar program perizinan satu lembar tersebut segera diberlakukan.

Sementara itu Suaidi, pedusen kripik singkong di Pamulang Tangsel, mengharapkan agar fungsi surat izin satu lembar tersebut dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMK untuk mengajukan kridit ke bank dengan bunga yang ringan.   

Sebelumnya Edy Putra Irawadi, Deputi Bidang Koordinator Perniagaan dan Kewirausahaan Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian, mengatakan program izin satu lembar bagi pelaku UMK masih dalam tahap sosialisasi.

“Targetnya sosialisasi selesai Juni sehingga Juli bisa diimplementasikan,” katanya.  

Pelaku UMK dapat memperoleh izin tersebut di kantor kecamatan atau kelurahan. Dia menjelaskan surat izin satu lembar kertas itu sudah mencakup berbagai perizinan yang terkait yaitu surat izin usaha perdangan (SIUP), izin menggunakan lokasi, dan izin mendirikan bangunan.

Dengan memiliki surat izin tersebut, lanjutnya, pelaku UMK sudah memiliki kekuatan hukum untuk menjalankan usahanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tangerang selatan menko perekonomian usaha mikro
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top