Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Atasi Banjir, Tangerang Berharap Bantuan Pemerintah Pusat dan DKI

Pemerintah Kota Tangerang menyatakan butuh sedikitnya Rp3 triliun untuk mengatasi banjir melalui perbaikan di Kali Angke, Cisadane, dan Cirarab. Bantuan dari pemerintah pusat dan Pemprov DKI menjadi hal yang dinanti.
Ilustrasi: Cisadane saat surut/Antara-Lucky R
Ilustrasi: Cisadane saat surut/Antara-Lucky R

Bisnis.com, TANGERANG—Pemerintah Kota Tangerang menyatakan butuh sedikitnya Rp3 triliun untuk mengatasi banjir melalui perbaikan di Kali Angke, Cisadane, dan Cirarab. Bantuan dari pemerintah pusat dan Pemprov DKI menjadi hal yang dinanti.

Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah mengatakan masing-masing sungai tersebut membutuhkan dana Rp500 miliar untuk Kali Angke, Rp1,9 triliun untuk Cisadane, dan sekitar Rp600 miliar untuk Cirarab.

“Kami berharap perhatian pemerintah pusat dan Provinsi DKI Jakarta,” katanya, di Tangerang, Selasa (21/4/2015).

Normalisasi pada tiga sungai tersebut dibutuhkan guna menganggulangi banjir di Kota Tangerang. Hal ini sejalan dengan program Pemprov DKI berupa sodetan dari Ciliwung ke Cisadane.

Menyadari keterbatasan dalam kemampuan mendanai normalisasi sungai tersebut, Pemkot meminta sokongan pemerintah pusat dan pemerintah ibu kota.

Arief mengatakan dari kebutuhan Rp1,9 triliun untuk Cisadane saja yang saat ini diperoleh baru Rp100 miliar. “Nilai ini tidak bisa menyelesaikan Cisadane,” ucapnya.

Sejauh ini Pemkot Tangerang terus menunggu alokasi anggaran dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta Pemprov DKI.

Berdasarkan catatan bisnis.com, program antisipasi banjir di Kota Tangerang digerakkan sejak akhir tahun 2014.

Totalnya, pada tahun ini Pemkot Tangerang akan menormalisasi lima sungai untuk mengatasi banjir, yakni Cisadane, Cirarab, Sabi, Kali Angke dan Cantiga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper