Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kebakaran di Bidakara Melumat Stan Pameran Wedding Expo-9

Kebakaran terjadi di Ruang Birawa Assembly Hall, Gedung Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat, 1 Mei 2015. Kebakaran terjadi di area pameran pernikahan Bidakara Wedding Expo-9 sejak pukul 12.45 WIB hingga pukul 15.00 WIB.
Kebakaran/Ilustrasi-Beritajakarta.com
Kebakaran/Ilustrasi-Beritajakarta.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kebakaran yang terjadi Ruang Birawa Assembly Hall, Gedung Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat, (1/5/2015) melumat area pameran pernikahan "Bidakara Wedding Expo-9" sejak pukul 12.45 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

"Kebakaran dimulai dari stan Arland Dekorasi, yang jaraknya 2 meter dari stan saya," kata Sofyan Hadi, 22 tahun, karyawan Tiara Dekorasi, salah satu penyewa area pameran di Gedung Bidakara, Jumat (1/5/2015). Ia mengatakan sepengetahuannya kebakaran diawali dari korsleting listrik yang terjadi sekitar pukul 12.30 WIB.

"Dari korsleting listrik menyebar ke styrofoam [tempat makanan], terus styrofoam yang terbakar terbang-terbang dan nyamber stan Tiara," kata Sofyan. Akibatnya kebakaran menjalar ke seluruh ruangan Birawa Assembly Hall. "Kejadiannya cepat banget, padahal awalnya pekerja Arland ada yang coba ambil air, begitu balik ambil air, api sudah besar." 

Sofyan menjelaskan kebakaran yang terjadi usai salat Jumat tersebut membuat panik para pekerja wanita yang mayoritas menjaga stan karena para penjaga pria pergi salat. Kepanikan wanita ini, menurut Sofyan, embuat reaksi penanganan pemadaman sedikit lambat.

Sofyan mengatakan saat awal kebakaran, salah satu rekannya sempat mencoba menggunakan APAR yang tersedia di dalam ruangan, namun alat tersebut tidak berfungsi dan tidak dapat digunakan. Begitu api mulai membesar, para pengunjung maupun pengisi pameran berlarian menuju luar gedung untuk menyelamatkan diri.

Pameran pernikahan di dalam ruang Birawa Assembly Hall tersebut, menurut Sofyan, belum dibuka secara resmi. Meskipun sejak pukul 10.00 WIB pengunjung sudah muai berdatangan. Ia mengatakan, acara ini sedianya akan dibuka pada Jumat, 1 Mei 2015 hingga Minggu, 3 Mei 2015.

Sofyan mengaku, kebakaran tersebut langsung menghabiskan seluruh isi stan-nya yang terdiri dari kain-kain, lampu hias, dan perabotan berupa meja konsultasi, hingga bahan dekorasi berupa bunga artifisial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : tempo.co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper