Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

800 Delegasi Kota-kota di Dunia Hadiri New Cities Summit

Sedikitnya 800 delegasi dari 45 negara di seluruh dunia menghadiri acara New Cities Summit 2015 yang diadakan di Ciputra Artpreneur, DKI Jakarta, Selasa (9/6/2015).
Puput Ady Sukarno
Puput Ady Sukarno - Bisnis.com 09 Juni 2015  |  19:40 WIB
800 Delegasi Kota-kota di Dunia Hadiri New Cities Summit
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sedikitnya 800 delegasi dari 45 negara di seluruh dunia menghadiri acara New Cities Summit 2015 yang diadakan di Ciputra Artpreneur, DKI Jakarta, Selasa (9/6/2015).

Gelaran yang mempertemukan ratusan pakar, walikota, pemimpin perusahaan dari berbagai negara guna membahas masa depan perkotaan tersebut mengambil tema 'Meraih Momen Perkotaan : Kota-Kota di Jantung Pertumbuhan dan Pembangunan.

Acara yang akan berlangsung selama tiga hari ini akan berlangsung di Ciputra Artpreneur dan beberapa lokasi utama lain di Jakarta.

John Rossant, Chairman dari New Cities Foundation mengatakan bahwa transformasi pesat Jakarta sebagai ibu kota Indonesia menjadikannya lokasi yag sangat tepat untuk menjawab periode pertumbuhan urbanisasi yang sangat pesat.

Acara ini akan menjadi kesempatan yang baik untuk memamerkan Jakarta dan konteks urbanisasi Asia, sambil mendiskusikan isu yang dihadapi semua kota.

"Kami berterima kasih kepada kota Jakarta yang telah mengundang kami untuk menyelenggarakan diskusi global yang penting mengenai masa depan perkotaan yang akan membawa dampak kepada kita semua," tuturnya, Selasa (9/6/2015).

Jakarta terpilih sebagai tuan rumah New Cities Summit tahun ini karena telah mengalami beberapa tantangan sekaligus kesempatan yang dihadapi kota-kota metropolitan saat ini.

Selama beberapa dekade terakhir, Jakarta telah menjadi pusat metropolitan terdepan di Asia. Populasi Jakarta diprediksi akan tumbuh menjadi lebih dari 40 juta jiwa pada 2050, dari 27 juta jiwa saat ini.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menambahkan bahwa mengelola kota yang besar dan kompleks seperti Jakarta merupakan tantangan yang tiada duanya.

Pihaknya telah melihat kasus tahunan seperti banjir, penduduk liar di tepi sungai dan dekat waduk, bahkan membangun rumah di tepi sungai, dan juga birokrasi dan korupsi.

Lebih dari 80 ahli dari berbagai sektor akan hadir sebagai pembicara termasuk Ika Lestari Aji, Kepala Departemen Perumahan Jakarta; Muhammad Yunus, Pemenang Nobel Perdamaian laureate and pendiri Grameen Bank; In Dong Cho, Direktur Jenderal Seoul Innovation Department; Anil Menon, Presiden Smart+Connected Communities dari Cisco dan Ian Neilson sebagai Wakil Walikota Eksekutif Cape Town.

Berbagai sesi diskusi dalam konferensi akan membahas tantangan-tantangan utama yang dihadapi perkotaan; tempat tinggal yang terjangkau; air; mobilitas perkotaan; inklusifitas dan model-model tata kelola baru; investasi infrastruktur; kota-kota sekunder; keragamaan dan ketahanan.

New Cities Summit akan menghadirkan pula WhatWorks, sebuah seri diskusi singkat yang menghadirkan inovasi-inovasi untuk menghadapi masalah-masalah perkotaan.

Dalam acara ini, akan hadir inovator-inovator global yang akan mempresentasikan ide-ide mereka untuk mengubah sebuah kota menjadi lebih baik. Daftar pembicara WhatWorks dapat dilihat di newcitiessummit2015.org/what-works/

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dki jakarta kota besar
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top