Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ramadan 2015: Pengunjung Restoran Diprediksi Menurun Pada 2 Periode Ini

Pengunjung restoran selama Ramadan akan berfluktuasi, seiring dengan perubahan pola konsumsi masyarakat.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com,BEKASI-Penurunan jumlah pengunjung restoran selama Ramadan diprediksi hanya terjadi pada pekan pertama dan terakhir bulan puasa.

Ketua BPC Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Bekasi Abd Rosyad IS mengatakan pengunjung restoran selama Ramadan akan berfluktuasi, seiring dengan perubahan pola konsumsi masyarakat.

Penurunan pengunjung akan terjadi pada pekan pertama dan pekan terakhir di bulan Ramadan, sedangkan pekan kedua dan ketiga Ramadan akan kembali normal.

Menurutnya, penurunan pengunjung pada pekan pertama itu terjadi lantaran masyarakat lebih memilih menahan diri makan di luar rumah, sedangkan penurunan pada pekan keempat Ramadan disebabkan aktivitas mudik yang dilakukan masyarakat.

"Penurunan tidak signifikan, tidak sampai 10%," ujarnya, Selasa (16/6/2015).

Menurutnya, para pelaku usaha juga telah terbiasa dengan tren situasional tersebut. Untuk tetap menarik pengunjung, biasanya para pelaku usaha akan menyediakan menu makanan yang lebih variatif saat buka puasa.

Penurunan jumlah pengunjung akan membuat pengelola restoran mengurangi jumlah produksi, sehingga penaikan harga sejumlah bahan pangan pokok juga tidak banyak mempengaruhi biaya produksi.

"Sepanjang penaikan harga tidak ekstrem, tidak masalah. Kalau ekstrem akan dibebankan kepada pelanggan, cuma nanti akan terjadi penurunan pembelian," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhamad Hilman
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper