Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Program Nuklir Indonesia: Batan Butuh Bantuan Sosialisasi

Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) meminta dukungan pemerintah daerah untuk mensosialisasikan proyek pengembangan energi nuklir Reaktor Daya Eksperimen (RDE) dan Iradiator.
Pengembangan tenaga nuklir di Batan./Bisnis.com
Pengembangan tenaga nuklir di Batan./Bisnis.com

Bisnis.com, TANGERANG—Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) meminta dukungan pemerintah daerah untuk mensosialisasikan proyek pengembangan energi nuklir Reaktor Daya Eksperimen (RDE) dan Iradiator. 

Kepala Batan Djarot S. Wisnubroto mengatakan proyek RDE bertujuan untuk pembelajaran penguasaan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) sekaligus sebagai induk PLTN komersial.

Sementara untuk iradiator salah satu pengembangan yang paling mencolok adalah dapat digunakan sebagai teknologi pengawetan makanan.

Pengembangan iradiator dapat langsung dirasakan masyarakat dalam waktu dekat.

“Rencananya proyek ini akan selesai pada 2017,” ujarnya saat bertemu Pemkot Tangerang, di Tangerang, Senin (22/6/2015).

Adapun untuk RDE membutuhkan waktu relatif panjang sekitar tujuh sampai sepuluh tahun. Pengembangan ini membutuhkan dukungan pemda untuk sosialisasi ke masyarakat.

Pemerintah Kota Tangerang sendiri meminta Batan agar menyediakan teknologi nuklir yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah mengatakan hal itu berguna untuk membantu meredam kekhawatiran publik terhadap nuklir.

“Teknologi itu bisa dari sisi kesehatan, industri maupun kebersihan. Contohnya, nuklir bisa jadi energi alternatif untuk industri besar sebagai pengganti dari batu bara,” ucapnya..

Pada sisi kesehatan nuklir diharapkan bisa menjadi salah satu solusi penanganan kesehatan. Arief mengaku pernah mendengar adanya teknologi nuklir yang bisa memberantas nyamuk malaria.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper