Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jalan Proklamasi akan Dikembalikan Jadi Pegangsaan Timur

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang memproses pengembalian nama Jalan Proklamasi No.56 yang terdapat Tugu Proklamasi menjadi nama asalnya yakni Jalan Pegangsaan Timur No. 56.
Tugu Proklamasi/Flickr
Tugu Proklamasi/Flickr

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang memproses pengembalian nama Jalan Proklamasi No.56 yang terdapat Tugu Proklamasi menjadi nama asalnya yakni Jalan Pegangsaan Timur No. 56.

Pengembalian nama tersebut lantaran berdasarkan catatan sejarah Kemerdekaan Indonesia, tempat dibacakannya teks proklamasi kemerdekaan adalah di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, yang sekarang telah berdiri Tugu Proklamasi sebagai pengingat sejarah.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat pada Jumat (7/8/2015). Menurut dia, pengembalian nama itu untuk meluruskan sejarah yang benar, yakni awalnya jalan yang menjadi lokasi Tugu Proklamasi saat ini adalah Jalan Pegangsaan Timur, akan tetapi oleh pemerintah, nama jalan itu diubah menjadi Jalan Proklamasi mengikuti nama Tugu Proklamasi.

"Karena nama jalan ini sudah berubah menjadi Jalan Proklamasi, maka untuk meluruskan sejarah, kami sedang memproses mengembalikan nama jalan ini. bukan lagi nama Jalan Proklamasi, tetapi menjadi Jalan Pegangsaan Timur kembali. Karena di teks sejarah, jalan ini adalah Jalan Pegangsaan Timur No.56," ujarnya.

Menurutnya dengan nama Jalan Proklamasi justru dapat menimbulkan kerancuan sejarah, lantaran nama Jalan Pegangsaan Timur masih tercatat dalam teks buku-buku sejarah para pelajar di Jakarta.

Kerancuan sejarah itu pun dialami oleh anaknya sendiri sewaktu mengunjung Tugu Proklamasi. Anaknya mencari-cari Jalan Pegangsaan Timur, akan tetapi setelah dicari-cari, ternyata sudah berubah menjadi Jalan Proklamasi.

Taman Proklamasi adalah lokasi dibangunnya Tugu Proklamasi atau Tugu Petir, yakni sebuah tugu peringatan dibacakannya teks Proklamasi Kemerdekaan RI pertama kali oleh Ir Soekarno - Hatta.

Di kompleks Taman Proklamasi, juga terdapat monumen dua patung Soekarno-Hatta berukuran besar yang berdiri berdampingan, mirip dengan dokumentasi foto ketika naskah proklamasi pertama kali dibacakan.

Di tengah-tengah dua patung proklamator terdapat patung naskah proklamasi terbuat dari lempengan batu marmer hitam, dengan susunan dan bentuk tulisan mirip dengan naskah ketikan aslinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper