Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Genjot Penyerapan Anggaran, Pemprov DKI Aktif Tagih SKPD

Penyerapan anggaran yang rendah membuat Pemprov DKI lebih rajin menagih data biaya belanja langsung maupun belanja tidak langsung kepada setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).nn
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 10 Agustus 2015  |  22:20 WIB
Prabowo Soenirman.  - Bisnis.com
Prabowo Soenirman. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Penyerapan anggaran yang rendah membuat Pemprov DKI lebih rajin menagih data biaya belanja langsung maupun belanja tidak langsung kepada setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tuty Kusumawati menyatakan Pemprov DKI melakukan beberapa langkah karena tahu penyerapan anggaran belum optimal. Pasalnya Bappeda DKI akan mendorong pengadaan lahan.

"Pemprov DKI kini melakukan beberapa langkah karena tahu penyerapan anggaran belum optimal, terutama pengadaan lahan akan lebih didorong dan diintensifkan," jelas Tuty.

Dia mengatakan pihaknya ingin melakukan pengecekkan ke setiap SKPD terkait kesiapan mereka baik yang dianggarkan di APBD Perubahan maupun APBD 2016.

Sebelumnya, anggota dewan komisi D DPRD DKI Prabowo Soenirman menyatakan persentase serapan anggaran terbanyak ada di biaya langsung.

Dalam pandangan Prabowo, faktor pertama rendahnya penyerapan anggaran karena terlalu banyak penggantian personil di setiap lini pekerjaan menyebabkan sulitnya pengambilan keputusan.

Faktor kedua adalah SKPD tidak berani melakukan pengambilan keputusan belanja karena APBD yang menggunakan Peraturan Gubernur (Pergub). Faktor ketiga karena banyak SKPD yang saling menunggu kiriman dan tidak berinisiatif untuk melakukan pendataan.

"Saya memandang konsekuensi rendahnya serapan APBD akan berdampak buruk pada perekonomian daerah. Perekonomian tidak berjalan dengan baik, dampaknya inflasi dan terbukti nflasi sekarang cukup tinggi," jelasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

anggaran skpd
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top