Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Dia Inovasi Anak Muda untuk Atasi Persoalan Jakarta

Puluhan pelajar dan mahasiswa dari berbagai daerah pamer inovasi di hadapan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Mereka merupakan para finalis Social Innovation Competition (SIC).
Foto aerial Monumen Nasional atau yang populer disebut dengan Monas atau Tugu Monas di Jakarta Pusat, Selasa (2/6/2015)./Antara-Andika Wahyu
Foto aerial Monumen Nasional atau yang populer disebut dengan Monas atau Tugu Monas di Jakarta Pusat, Selasa (2/6/2015)./Antara-Andika Wahyu

Bisnis.com, JAKARTA --  Puluhan pelajar dan mahasiswa dari berbagai daerah pamer inovasi di hadapan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Mereka merupakan para finalis Social Innovation Competition (SIC).

Para finalis dari empat tim terbaik mempresentasikan berbagai inovasi pemecahan masalah Ibu Kota. Darurat, karya mahasiswa ITB, menjadi finalis terbaik untuk kategori Mobile Apps. Sedangkan ,ARFLOS, karya mahasiswa Universitas Sultan Agung Tirtayasa menjadi karya terbaik pada kategori Applied Technology.

Dua kategori lainnya, yakni Viral Video dan Young Entrepreneurship dimenangkan oleh finalis dari SMA Strada Santo Thomas Aquino. Viral video dengan judul 'Man in Loss' yang menceritakan tentang narkoba mampu menggugah generasi muda untuk memerangi narkoba. Untuk Young Entrepreneurship, usaha penerbit komik Indonesia Imaginec berhasil menjadi nomor wahid dari pesaingnya.

Di samping pemenang tersebut, SIC juga memberikan penghargaan Potential Young Innovator kepada Imaginec dari kategori young entrepteneurship. Selain itu, predikat Best of the Best dianugerahkan kepada tim Darurat dari ITB.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama  (Ahok) mendukung penuh terselenggaranya kompetisi ini. Hasil kompetisi nantinya dapat disinergikan dengan program-program Pemprov DKI Jakarta.

Sementara, pihak Dewan Research Daerah (DRD) DKI Jakarta yang diwakili oleh Tusy Adibroto mengatakan, akan memanfaatkan inovasi tersebut sebagai solusi permasalahan kota.

"Lomba ini dirancang dengan kategori yang bisa langsung diaplikasikan. Semoga ada hasil dari kompetisi ini yang bisa dimanfaatkan Pemprov DKI untuk kepentingan orang banyak," paparnya.

Tusy berharap, SIC dapat dijadikan acara tahunan, dan sebagai sarana generasi muda untuk berperan menciptakan solusi dari masalah sosial.

"Pemprov DKI sudah mendukung acara ini selama dua tahun. Pak Gubernur (Ahok) juga meminta acara ini diadakan setiap tahun," pungkasnya.

SIC merupakan ajang besutan Center for Technopreneurship and Innovation Surya University (CTI-SU) yang didukung Okezone dan Indomarco Prismatama (Indomaret). Kegiatan tahunan ini menantang anak muda Indonesia membuat inovasi yang akan menjadi solusi berbagai masalah sosial. Mereka bebas mendaftarkan inovasi dalam berbagai kategori yaitu Mobile Apps, Applied Technology, Young Entrepreneur dan Viral Video.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper