Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kredit UMKM Diharap Tingkatkan Perputaran Uang di Tangerang

Pemerintah Kota Tangerang meminta perbankan lebih bersemangat menyalurkan kredit usaha rakyat kepada pelaku industri kecil dan menengah (IKM) maupun usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).
Ilustrasi/bantenprov.go.id
Ilustrasi/bantenprov.go.id

Bisnis.com, TANGERANG—Pemerintah Kota Tangerang meminta perbankan lebih bersemangat menyalurkan kredit usaha rakyat kepada pelaku industri kecil dan menengah (IKM) maupun usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah mengatakan lebih banyak bantuan kredit yang disalurkan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di kota ini. IKM dan UMKM yang subur pada akhirnya dapat membuka peluang lapangan kerja lebih banyak.

“IKM dan UMKM relatif tidak terpengaruh fluktuasi dolar, akan lebih baik kalau uang yang ada diinvestasikan ke sana," ujar Arief, di Tangerang, Kamis (8/10/2015).

Bank Indonesia Cabang Kota Tangerang menyatakan pada tahun ini terjadi penurunan perputaran uang di Kota Tangerang.

Bila tahun lalu rata-rata sekitar Rp58 triliun per hari sekarang cuma Rp54 triliun.

Penyaluran kredit kepada IKM mampun UMKM, imbuh Arief, diharapkan akhirnya bisa meningkatkan perputaran uang di Kota Tangerang.

"Kebanyakan mereka ini kan penggerak ekonomi kreatif, sehingga jika paket tersebut bisa jalan bisa menimbulkan multiplier effect bagi masyarakat secara umum," kata Arief.

Sementara itu, terkait usaha pemkot dalam mendorong percepatan ekonomi, Pemkot telah mengeluarkan berbagai kebijakan percepatan penyerapan anggaran dan penggelontoran program padat karya.

Langkah ini ditempuh melalui berbagai pekerjaan kontruksi seperti perbaikan jalan, perbaikan saluran, jembatan dan lain-lain.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper