Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SPBU Sebaiknya Serap Tenaga Kerja

Budaya melayani diri sendiri mulai diterapkan di sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di wilayah Tangerang Selatan, khususnya bagi pelanggan sepeda motor.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, TANGSEL-Budaya melayani diri sendiri mulai diterapkan di sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di wilayah Tangerang Selatan, khususnya bagi pelanggan sepeda motor.

Sistem self service atau melayani diri sendiri telah diberlakukan di SPBU Jl Juanda Ciputat, sebagai salah satu SPBU di wilayah Tangsel yang sudah sekitar sebulan ini menerapkan sistem baru tersebut.

Dalam sistem itu cukup satu petugas kasir yang melayani transaksi untuk 2 unit dispenser dengan 12 unit nozzle (handle katup selang), sekaligus mengarahkan ke handle nomer berapa konsumen mengisikannya sendiri BBM ke tangki motornya.       

Santosa, dosen sebuah perguruang tinggi swasta di Tangsel, mengatakan sistem self service atau melayani diri sendiri memang cukup baik dari sudut padang perusahan dalam upaya memaksimalkan efisiensi biaya operasional.

“Namun, dalam situasi sekarang ini sistem yang diterapkan SPBU itu kurang tepat, karena negara kita masih butuh banyak lapangan kerja atau usaha padat karya untuk menampung pengangguran yang semakin banyak,” katanya Senin (16/11/2015)

Menurutnya, sistem self service dapat memangkas jumlah petugas pengisian BBM ke konsumen dari sekitar 4 orang untuk 2 unit dispenser dengan 12 unit handle selang pengisian BBM, menjadi hanya dilayani oleh satu orang saja.

Mahmudah, pengguna sepeda motor yang akan mengisi BBM, mengatakan konsumen memang belum terbiasa dengan sistem melayani diri sendiri sehingga prosesnya relatif lebih lama dan antrean kendaraan menjadi lebih panjang.

Sementara itu, lanjutnya, pelayanan untuk pelanggan mobil tidak berubah, bahkan cukup menarik tuas pembuka tutup tangki BBM di bawah dasbor, membuka jendela untuk transaksi, tanpa beranjak dari duduknya di belakang setir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper