Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tangerang Tunggu Diskon Pajak Investasi Properti

Sejumlah pemerintah daerah di kawasan Tangerang masih menunggu instruksi lebih lanjut terkait rencana pemerintah pusat untuk memberikan diskon pajak untuk instrumen kontrak investasi kolektif dana investasi real estate (DIRE).
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 04 Maret 2016  |  16:07 WIB
Tangerang Tunggu Diskon Pajak Investasi Properti
Proyek perumahan - Ilustrasi/Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, TANGERANG--Sejumlah pemerintah daerah di kawasan Tangerang masih menunggu instruksi lebih lanjut terkait rencana pemerintah pusat untuk memberikan diskon pajak untuk instrumen kontrak investasi kolektif dana investasi real estate (DIRE).

Adapun, tarif pajak penghasilan (PPh) final dan bea perolehan hak atas tanah dan pembangunan (BPHTB) atas DIRE akan diturunkan menjadi masing-masing 0,5% dan 1%. Sebelumnya, pengenaan PPh dan BPHTB atas DIRE sebesar 5%.

Kepala Dinas PBB dan BPHTB Kota Tangerang Herman Suarman mengatakan pihaknya akan menunggu regulasi dari pemerintah pusat.

“Apakah mereka [pemerintah pusat] akan mengubah UU No 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, atau Peraturan Presiden dan Peraturan Pemerintah. Lalu, kami akan segera menindaklanjutinya dengan perubahan Peraturan Daerah,” ungkapnya kepada Bisnis, Jumat (4/3).

Menurutnya, dirinya mengapresiasi langkah pemerintah karena rencana tersebut diprediksi akan memacu pertumbuhan bisnis properti. Kendati demikian, dirinya belum bisa memperkirakan kontribusinya terhadap pendapatan daerah.

Pada tahun ini, DPKAD Kota Tangerang menargetkan mampu meraup pendapatan dari PBB senilai Rp355 miliar dan BPHTB Rp305 miliar.

Sementara itu, Kepala DPKAD Kota Tangerang Selatan Uus Kusnadi mengaku masih belum mengetahui mekanisme penghitungan pajak atas DIRE tersebut.“Lihat saja bagaimana keputusan pemerintah pusat,” tambahnya.

Sebelumnya, pemerintah pusat sendiri bakal menyasar pemda yang berpotensi mengembangkan kompleks properti dan infrastruktur, misalnya DKI Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Surabaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tangerang investasi properti diskon pajak
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top