Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Angkutan Berbasis Aplikasi: Ahok, Mobil Pelat Hitam Harus Daftar

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengatakan, mobil pelat hitam yang beroperasi sebagai angkutan umum berbasis aplikasi harus terdaftar.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 14 Maret 2016  |  15:21 WIB
Taksi berbasis aplikasi - Antara
Taksi berbasis aplikasi - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengatakan, mobil pelat hitam yang beroperasi sebagai angkutan umum berbasis aplikasi harus terdaftar.

"Minimal mobil anda mesti didaftarkan. Plat hitam boleh ga? Boleh, yang penting didaftarkan," kata Basuki saat memberi keterangan pada wartawan di Balai Kota Jakarta, Senin (14/3/2016).

Dikatakan, seseorang boleh saja menyewakan mobilnya secara harian maupun mingguan. Mobil yang sudah terdaftar tersebut kemudian bisa ditempel stiker sebagai penanda bahwa kendaraan berasal dari aplikasi tertentu.

Pendaftaran tersebut juga untuk keperluan pembayaran pajak, kata Ahok, dan menambahkan pemerintah belum menerima setoran pajak dari transportasi berbasis aplikasi tertentu.

Selain perusahaan transportasi berbasis aplikasi, pemilik kendaraan juga membayar pajak. Menurut Ahok, Pemprov DKI Jakarta tidak menentang aplikasi transportasi karena merupakan tuntutan zaman. Pemblokiran aplikasi merupakan wewenang Kominfo.

Dikatakan, selama ini pemerintah melakukan penertiban terhadap mobil plat hitam yang beroperasi sebagai angkutan berbasis aplikasi.

"Sudah banyak yang kita kandangin, ada 57-59."

Pemerintah menertibkan mana mobil yang sudah terdaftar dan mana yang tidak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

angkutan berbasis aplikasi angkutan berbasis aplikasi

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top