Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gerhana Bulan Penumbra: Laut Jawa Diprediksi Pasang

Gerhana Bulan Penumbra: Laut Jawa Diprediksi Pasang
Newswire
Newswire - Bisnis.com 23 Maret 2016  |  16:29 WIB
Ilustrasi / Gerhana bulan
Ilustrasi / Gerhana bulan

Bisnis.com, JAKARTA - Malam ini Indonesia akan mengalami gerhana bulan penumbra. Gelombang perairan laut di Jakarta diprediksi akan mengalami kenaikan.

Kepala Bidang Pengendalian dan Informatika, Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Bambang Surya Putra mengatakan, gerhana bulan penumbra terjadi ketika bulan sebagai satelit alam yang mengelilingi Bumi melintas di wilayah bayangan gelap Bumi, tepatnya di wilayah bayangan gelap kabur atau penumbra.

"Namun kalau diamati secara detail dengan teleskop maka akan tampak permukaan sedikit gelap, jika dipotret dan dibandingkan maka piringan bulan akan sedikit lebih redup dari pada piringan bulan saat bulan purnama," ujarnya, Rabu (23/3).

‎Menurut Bambang, dampak yang ditimbulkan dari peristiwa ini adalah gelombang laut yang meninggi dan mempengaruhi adanya tanah longsor pada tanah yang tidak stabil, namun dampak tersebut belum tentu terjadi.

"Menurut BMKG untuk tinggi gelombang perairan Jakarta diprediksi akan mengalami kenaikan namun tidak terlalu signifikan, dengan ketinggian maksimal 0,7 meter," tandasnya.‎

Gerhana ini dapat disaksikan dari seluruh Indonesia mulai pukul 16.36, puncak gerhana akan terjadi pada pukul 18.47 dan berakhir pada pukul 20.57.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Gerhana Bulan Total

Sumber : Berita Jakarta

Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top