Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelayanan Puskesmas Pulau Panggang Dikeluhkan Warga

Pelayanan kesehatan 24 jam di Puskesmas Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara, dipertanyakan warga.
Puskesmas Pulau Panggang/Berita Jakarta
Puskesmas Pulau Panggang/Berita Jakarta

Bisnis.com, JAKARTA - Pelayanan kesehatan 24 jam di Puskesmas Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara, dipertanyakan warga. Pasalnya, berobat pada malam hari warga diminta perawat untuk kembali keesokan pagi lantaran tidak ada dokter yang siaga

Seperti yang dialami salah seorang warga RT 07/02, Pulau Panggang, Zul (38). Saat tidak tahan dengan sakit flu berat yang diderita, Jumat (29/4) lalu ia mendatangi Puskesmas Kelurahan Pulau Panggang. Namun, saat tiba di puskesmas sekitar pukul 21.30, Ia diminta perawat jaga untuk kembali lagi esok pagi lantaran tidak ada dokter yang siaga.

"Kata perawatnya, datang besok pagi lagi aja bu, dokter tidak ada. Coba kalau sakit keras dan butuh penangan darurat bagaimana," katanya, Kamis (12/5).

Selain kesiagaan dokter, Ia juga mengeluhkan ketersediaan obat di apotik puskesmas. Sebab, saat diberikan resep oleh dokter, apotik puskesmas tidak menyediakan obat dimaksud dan terpaksa menebus ke apotik di daratan.

Kepala Puskesmas Pulau Panggang, Sri Ratna membantah tidak ada dokter jaga yang siaga pada malam hari. Sejak diberlakukan layanan 24 jam, tiga tahun lalu, setiap malam di puskesmas siaga 1 orang dokter dan perawat.

"Dokter siaga sampai jam 23.00, tapi kalau darurat bisa di telpon karena rumah dinas tidak jauh dari puskesmas," ujarnya.

Menurut Sri, secara prinsip pihaknya tidak pernah menolak atau menyarankan pasien untuk pulang. Untuk kasus yang dikeluhkan warga, Ia menduga saat itu dokter sedang pulang ke rumah dinas untuk makan atau istirahat sebentar dan pasien tidak sabar sehingga memilih pulang.

"Kalau stay setiap hari ada, saya selalu kontrol tiap malam. Dengan kejadian ini, saya akan perketat pengawasan dan pertegas pada petuga jaga malam tidak boleh menolak pasien," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Berita Jakarta

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper