Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pantai Mutiara Banjir, 124 Rumah Tergenang

Tanggul darurat dibangun di Pantai Mutiara, Jakarta Utara, untuk mengatasi jebolnya tanggul sebelumnya yang menimbulkan genangan air pada Jumat malam.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 04 Juni 2016  |  12:00 WIB
Dua mobil milik warga terendam banjir yang menggenangi kawasan Perumahan Pantai Mutiara, Jakarta, Sabtu (4/6).  - Antara
Dua mobil milik warga terendam banjir yang menggenangi kawasan Perumahan Pantai Mutiara, Jakarta, Sabtu (4/6). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Tanggul darurat dibangun di Pantai Mutiara, Jakarta Utara, untuk mengatasi jebolnya tanggul sebelumnya yang menimbulkan genangan air pada Jumat malam.

"Pada Sabtu pukul 03.00 WIB, tanggul darurat berhasil dibangun. Tinggi banjir atau rob juga mulai surut," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Sabtu (4/6/2016).

Tanggul yang jebol, tutur dia, sudah berhasil ditutup dengan tanggul darurat berupa karung pasir dari Dinas Tata Air, TNI dan Bina Marga.

Pengangkutan karung berisi pasir untuk menyumbat tanggul jebol memanfaatkan perahu dari Dinas Tata Air, PU, TNI dan Damkar.

Sutopo mengatakan tidak terdapat korban jiwa dari peristiwa itu. Sedangkan warga yang terdampak luapan air, ujarnya, telah dievakuasi dengan perahu karet.

BPBD DKI masih melakukan pendataan untuk menentukan kerugian material dari peristiwa tersebut.

Banjir yang disebabkan tanggul pantai yang jebol terjadi di kawasan Perumahan Pantai Mutiara, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, pada Jumat (3/6/2016) pukul 20.00 WIB.

Banjir setinggi 30-100 centimeter menggenangi RT 15/RW 16 Blok R, Blok S, RT15/RW 16 Blok T serta Blok U Apartemen Regata. Sedikitnya 124 rumah warga tergenang.

Hujan deras disertai pasang laut dan kondisi tanah di bawah jembatan yang telah tergerus air laut merupakan penyebab jebolnya tanggul.

"Kemungkinan disebabkan erosi dasar tanggul sehingga ketika menahan tekanan dari pasang laut menyebabkan konstruksi tanggul jebol," ujar Sutopo.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jakarta banjir

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top