Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LEBARAN 2016: Hari Pertama, Pasok Sampah DKI ke Bantar Gebang Justru Susut

Akumulasi sampah di DKI Jakarta pada Idul Fithri menurun. Tepat pada hari pertama lebaran, sampah yang dikirim ke TPST Bantargebang hanya 1.218 ton dengan 212 rit truk sampah. Sedangkan pada H-1 total sampah 5.586 ton dengan 1.015 rit
Ilustrasi/beritajakarta.com
Ilustrasi/beritajakarta.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Akumulasi sampah di DKI Jakarta pada Idul Fithri menurun. Tepat pada hari pertama lebaran, sampah yang dikirim ke TPST Bantargebang hanya 1.218 ton dengan 212 rit truk sampah. Sedangkan pada H-1 total sampah 5.586 ton dengan 1.015 rit truk sampah.

Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan memprediksi kan sampah dapat  turun saat pra dan pasca Lebaran (H-4 sd H+4).

"Diperkirakan puncak tonase penanganan sampah akan terjadi pada H+5, H+6 dan H+7, setelah itu kembali ke rata-rata timbulan normal," kata Adji, di Jakarta Kamis (7/7/2016).

Dinas Kebersihan DKI Jakarta  sudah melakukan antisipasi peningkatan tonase tersebut. Menurut Adji, sampah akan kembali normal pada saat sebagian besar warga Jakarta telah kembali dari kampung halamannya karena sudah berakhirnya masa cuti bersama.

Selain itu,  tukang gerobak yang sempat mudik telah kembali bertugas, sehingga akumulasi tumpukan-tumpukan sampah yang sempat tertinggal di tempat sampah rumah tangga mulai dikirim ke Tempat Penampungan Sementara (TPS).

"Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, kami sudah mengantisipasi peningkatan tersebut. H+5 s.d H+7 yaitu Senin (11/7) sampai Rabu (13/7) operasional pengangkutan sampah akan sangat optimal," kata Adji.

TPST Bantargebang tempat diprosesnya sampah Jakarta pun tetap beroperasi 24 jam selama libur/cuti bersama Idul Fitri 1437 H. Sebanyak 131 personel ditugaskan piket di tempat pengelolaan sampah TPST Bantargebang.

Berdasarkan data Dinas Kebersihan, rata-rata per hari berat sampah yang dikirim ke TPST Bantargebang  pada kondisi normal berkisar 6.500 - 7.100 ton per hari dengan 1.000 - 1.200 rit truk sampah.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper