Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemkot Tangerang Pasok Air Bersih ke Bandara Soetta

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dan Perseroan Terbatas Angkasa Pura II (PT AP II) melakukan penandatanganan nota kesepahaman terkait penyaluran dan penyediaan air bersih untuk Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 14 Juli 2016  |  11:10 WIB
Pemkot Tangerang menyepakati penyaluran dan penyediaan air bersih untuk Bandara Soekarno-Hatta - ilustrasi
Pemkot Tangerang menyepakati penyaluran dan penyediaan air bersih untuk Bandara Soekarno-Hatta - ilustrasi

Bisnis.com, TANGERANG — Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dan Perseroan Terbatas Angkasa Pura II (PT AP II) melakukan penandatanganan nota kesepahaman terkait penyaluran dan penyediaan air bersih untuk Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

Direktur Utama PT. AP II Budi Karya Sumadi mengatakan penambahan ini menjadi suatu keharusan mengingat kebutuhan air bersih yang ada di Bandara Soetta terus bertambah. Apalagi, dengan hadirnya Terminal 3 Ultimate hingga fasilitas kereta bandara.

“Ke depan, dengan kerjasama ini, Pemkot Tangerang akan menyuplai air jika ada kebutuhan tambahan di Terminal 1, 2, dan 3. Kapasitas yang semula 100 liter/detik akan ditingkatkan menjadi 350 liter/detik," ungkap Budi, seperti dilansir keterangan resminya, Kamis (14/7).

Menurutnya, penumpang Bandara Soetta sudah mencapai 60 juta (per tahun) dan diprediksi akan terus meningkat. Saat ini, kapasitas ketersediaan air bersih di Bandara Soetta sebesar 8000 m3 per hari. Dengan keberadaan Terminal 3 Ultimate, kebutuhan air bersih bakal meningkat hingga dua kali lipat.

"Kapasitasnya dinaikkan lima kali dari yang sekarang. Dari 8.000 m3 per hari menjadi 40.000 m3 per hari. Minimal bertambah 3,5 kali lipat," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah menambahkan Kota Tangerang memiliki tanggung jawab untuk turut mendukung kelancaran operasional bandara Internasional terbesar di Indonesia ini.

"Kebutuhan pengembangan bandara ini, bukan semata untuk Soetta tapi untuk kepentingan nasional. Dengan MoU ini, ke depan, masalah air bersih di Soetta mudah-mudahan tidak lagi jadi kendala," tuturnya.

Dengan keberadaan Soetta, Arief juga berharap bandara ini mampu menjadi pemacu pertumbuhan ekonomi Tangerang. Salah satunya dengan memanfaatkan sumber daya manusia Tangerang untuk mengembangkan Soetta.

“Kota Tangerang memiliki banyak Sekolah Menengah Kejuruan Penerbangan. Hal ini tentunya bisa turut menjadi pertimbangan ke depannya bagi PT AP II untuk semakin banyak lagi melibatkan masyarakat Kota Tangerang menjadi bagian dari perusahaannya,” tekannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tangerang bandara soekarno-hatta air bersih
Editor : Gita Arwana Cakti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top