Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Piagam Adipura Dorong Tangsel Makin Baik Kelola Lingkungan?

Keberhasilan Pemkot Tangerang Selatan meraih piagam Adipura agar disosialisasikan kepada seluruh warga sebagai kebanggaan bersama atas prestasi di bidang kebersihan dan pengelolaan lingkungan perkotaan.
Taman kota. Ilustrasi/JIBI
Taman kota. Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, TANGSEL-Keberhasilan Pemkot Tangerang Selatan meraih piagam Adipura agar disosialisasikan kepada seluruh warga sebagai kebanggaan bersama atas prestasi di bidang kebersihan dan pengelolaan lingkungan perkotaan.

Warga menjadi bangga atas prestasi yang diserah terimakan kepada Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie, dari Kenterian Lingkungan Hidup, dan akan semakin bersemangat dalam berpartisipasi untuk membangun kotanya.

Junaedi, warga Jurang Mangu, Kelurahan Kampung Sawah, Kecamatan Ciputat, Tangsel, mengatakan penghargaan piagam Adipura itu dapat dibuat duplikatnya untuk dipasang di sudut-sudut kota sehingga warga mengetahui prestasi kotanya.

“Warga Tangsel tentunya bangga atas pencapaian piagam Adipura, sehingga semakin bersemangat mendukung pembangunan kotanya, termasuk yang terkait dengan kebersihan dan pengelolaan lingkungan,” katanya, Senin (25/7/2016).

Menurutnya, kebesihan dan pengelolaan lingkungan perkotaan di Tangsel relatif sudah baik, meskipun untuk jangka panjang tetap harus dipersiapkan sejak sekarang, terutama dalam hal pengelolaan sampahnya.

Sementara itu Rahmat Salam, Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah Kota Tangsel, mengatakan cukup banyak program yang dilakukan pemkot sehingga meraih penghargaan Adipura.

Program yang dimaksud, diantaranya Jumat Bersih dan Minggu Bersih yang dilaksanakan di lingkungan perkantoran dan perumahan, disamping operasi semut atau pungut sampah secara beramai-ramai saat ada suatu kegiatan.

Selanjutnya program satu orang satu pohon dengan memasyarakatkan kelola bersama hutan kota, taman kota, dan ruang publik lainnya, terlebih di lingkungan seluruh sekolah menjadi adiwiyata dengan target berwawasan lingkungan.

Selain itu, lanjutnya, membudayakan pengelolaan Situ (danau) berbasis partisipasi masyarakat, meningkatkan program kali bersih atau Prokasih dengan konsep limbah tidak menyentuh sungai.

“Kami juga mengkampanyekan pengelolaan Rumah Sakit, Puskesmas, klinik dan lembaga medis untuk menjaga limbah medisnya dikelola dengan baik dan benar,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper