Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IDUL ADHA 2016: Dokter Hewan Ditunggu Penjual Hewan Kurban

Sejumlah pedagang hewan kurban di wilayah Kecamatan Ciputat dan Kecamatan Ciputat Timur, Tangerang Selatan, menunggu kedatangan dokter hewan yang akan memeriksa kesehatan sapi dan kambing miliknya.
Sapi. Ilustrasi/JIBI
Sapi. Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, TANGSEL-Sejumlah pedagang hewan kurban di wilayah Kecamatan Ciputat dan Kecamatan Ciputat Timur, Tangerang Selatan, menunggu kedatangan dokter hewan yang akan memeriksa kesehatan sapi dan kambing miliknya.

Ahmad, pedagang hewan kurban di Kelurahan Pisangan, Kecamatan Ciputat Timur, Tangsel, mengatakan sapi dan kambing yang dijual untuk hewan kurban saat hari raya Idul Fitri dijamin dalam kondisi sehat dan layak disembelih.

“Saya menjamin kesehatan hewan kurban yang ada dan seluruhnya memenuhi syarat untuk disembelih sebagai hewan kurban saat hari raya Idul Adha, sehingga sangat layak dikonsumsi,” katanya Selasa (6/9/2016).

Menurutnya, hasil pemeriksaan yang dilakukan para dokter hewan yang disiapkan Pemkot Tangsel akan semakin meyakinkan pembeli, yang sebelumnya telah mendapat jaminan kesehatan dan kelayakan hewan kurban yang dijualnya.

Dadang Raharja, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Tangsel, mengatakan jaminan kesehatan dan kelayakan hewan kurban yang dijual akan semakin meyakinkan pembeli jika ditambah dengan hasil pemeriksaan dokter.

"Ada sebanyak 42 orang dokter hewan yang bekerja sama dengan kami untuk bertugas memeriksa hewan kurban," ujarnya.

Menurutnya, sasaran dari pengecekan yang dilakukan para dokter hewan itu lapak-lapak pedagang hewan kurban dan lokasi pemotongan hewan kurban saat Hari Raya Idul Adha pada 12 September 2016.

Dia menjelaskan semua dokter hewan tersebut berasal dari Institut Pertanian Bogor‎ (IPB), yang juga memberikan bimbingan teknis kepada para pengurus Dewan Kemakmuran Masjid selaku panitia penerimaan serta penyaluran hewan kurban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper