Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IDUL ADHA: Pemkot Tangerang Sidak Lapak Hewan Kurban

Pemerintah Kota Tangerang menggelar sidak hewan kurban di lapak-lapak pedagang di Jl. TMP Taruna Kota Tangerang.
Sapi
Sapi

Bisnis.com, TANGERANG—Pemerintah Kota Tangerang menggelar sidak hewan kurban di lapak-lapak pedagang di Jl. TMP Taruna Kota Tangerang.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah mengatakan kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memastikan kelayakan hewan kurban sehingga masyarakat yang telah berencana membeli dan berkurban pada Hari Raya Idul Adha bisa tenang.

"Karena syaratnya hewan kurban harus sehat jadi kami mau memastikan bahwa hewan kurbannya itu memenuhi syarat sebagaimana yang diatur agama," terangnya, mengutip keterangan resminya, Minggu (11/9).

Dari sidak kurban saat ini, hewan kurban harus dipastikan benar-benar dalam keadaan sehat dan layak untuk disembelih, diantaranya harus cukup umur, sudah ganti gigi, tidak cacat, dan dalam kondisi sehat. "Dari segi kesehatan sebenarnya mereka (pedagang) sudah membawa surat kesehatan ternak dari daerah asal. Sapi dan kambing di Tangerang kebanyakan berasal dari Jawa Tengah daerah Boyolali dan Solo,” ucapnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga menginstruksikan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DKPP) untuk melakukan pengecekan kesehatan dan kelayakan hewan kurban yang dijual di Tangerang. Sementara itu, Kepala Bidang DKPP Mohammad Ibnu menyampaikan bahwa pihaknya sejak tanggal 1 September 2016 telah menurunkan tim guna melakukan pemeriksaan kelayakan hewan kurban di beberapa lapak yang ada di Kota Tangerang.

"Kami juga telah melakukan labelisasi bagi lapak yang telah kita periksa, kalau lapaknya menjual hewan layak kurban nanti kita tempel stiker," jelasnya. Dari hasil pengecekan tersebut, DKPP belum menemukan adanya hewan kurban yang bermasalah. "Sampai sekarang masih belum ada," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper