Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bangun Tanggul Sepanjang 92 Km, Ahok Yakin Banjir di Jakarta Bakal Berkurang

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membangun tanggul laut tipe A. Tanggul tersebut untuk menggantikan tanggul sebelumnya yang hanya memiliki tinggi 2,8 meter.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 11 Oktober 2016  |  15:16 WIB
Ilustrasi - TMCPoldaMetro/@NegeriID
Ilustrasi - TMCPoldaMetro/@NegeriID

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membangun tanggul laut tipe A. Tanggul tersebut untuk menggantikan tanggul sebelumnya yang hanya memiliki tinggi 2,8 meter.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama optimis jika pembangunan tanggul ini bisa mengurangi banjir di Ibukota. Karena 40 persen wilayah Jakarta berada di bawah muka laut.

"Banjir bisa diatasi. Kami sedang membangun tanggul 3,8 meter," kata Basuki di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (11/10).

Tanggul sepanjang kurang lebih 92 kilometer ini dibangun dari Cakung-Cilincing hingga Tanjung Priok. Pembangunannya dikerjakan oleh Pemprov DKI dan Kementerian PUPR. Saat ini pembangunan sudah berjalan.

Basuki menambahkan, tanggul ini berbeda dengan Giant Sea Wall. Ini merupakan tanggul awal untuk melindungi Jakarta dari banjir rob. "Orang bilang ini Giant Sea Wall. Itu bukan Giant Sea Wall, itu tanggul A. Giant Sea Wall itu sampai C dan masih dikaji sebenarnya," ujarnya.

Menurut Basuki tanggul tidak hanya dibangun lebih tinggi, tetapi juga lebih lebar. Tujuannya agar lebih kuat dan tidak mudah jebol.

Setelah tanggul selesao dibangun, rencananya Pemprov DKI Jakarta akan membangun rumah susun (rusun) disekitar kawasan Cakung-Cilincing. Rusun tersebut akan diepruntukan bagi nelayan.

"Kami akan bangunkan misalnya dari Cakung-Cilincing ke Tanjung Priok. Tepi daratnya itu kami akan bangunkan semua rusun untuk nelayan. Makanya nanti orang-orang itu akan tinggal di apartemen menghadap laut. Enggak kalah sama orang Pantai Mutiara semua," tandasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Banjir Jakarta

Sumber : Berita Jakarta

Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top