Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

UMP DKI 2017: Jika Deadlock, Ahok akan Segera Putuskan

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan, akan segera memutuskan besaran upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta 2017.
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com 21 Oktober 2016  |  17:02 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan, akan segera memutuskan besaran upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta 2017. 

Sebelumnya, pembahasan UMP yang dilakukan oleh Dewan Pengupahan sebanyal dua kali masih deadlock atau belum dapat keputusan. Pasalnya, masih ada perbedaan formulasi dari unsur buruh maupun  unsur pengusaha.

"Kalaupun sampai deadlock ya kami tetap harus putuskan," kata Kepala Daerah yang akrab disapa Ahok di Balai Kota DKI, Jumat (21/10/2016).

Dalam pembahasan sebelumnya, dari pihak unsur buruh meminta peningkatan UMP hingga Rp3,8 juta. Sedangkan, dari pihak pengusaha memiliki hitungan dengan hasil Rp3,3 juta.

Apabila sudah terdapat kesepakatan angka, selanjutnya angka tersebut akan dibawa kepada gubernur untuk segera disahkan sebelum tanggal 1 November 2016. Apabila pada pembahasan selanjutnya tetap tidak ada kesepakatan, maka selanjutnya kedua besaran itu nantinya akan diserahkan kepada gubernur. Artinya gubernur yang akan menentukan.

Namun, penentuan tanpa mengacu pada kesepakatan di Dewan Pengupahan merupakan risiko yang harus tetap diambil.

"Ya paling nanti demo lagi, demo lagi kan," kata Ahok.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ump dki jakarta
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top