Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PILKADA DKI 2017: Plt. Gubernur DKI Janjikan Netralitas PNS

Pegawai negeri sipil atau ASN di DKI dijanjikan akan netral selama Pilkada DKI 2017.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 28 Oktober 2016  |  16:59 WIB
Tiga pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono (dari kanan)-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat , dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno saling menyatukan tangan, seusairapat pleno pengundian nomor urut Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI di Jakarta, Selasa (25/10). - Antara/Hafidz Mubarak A.
Tiga pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono (dari kanan)-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat , dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno saling menyatukan tangan, seusairapat pleno pengundian nomor urut Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI di Jakarta, Selasa (25/10). - Antara/Hafidz Mubarak A.

Bisnis.com, JAKARTA - Pegawai negeri sipil atau ASN di DKI dijanjikan akan netral selama Pilkada DKI 2017.

Hal itu disampaikan pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Soni Sumarsono terkait pemilihan kepala daerah DKI Jakarta yang akan dilaksanakan 15 Februari 2017.

"Sikap komitmen itu guna mendukung pesta demokrasi yang baik dan berkualitas," kata Sumarsono saat mengunjungi KPU DKI Jakarta, Jumat (28/10/2016).

Pada pelaksanaan pilkada tersebut tentu ASN harus bersikap netral dan tidak memihak pada salah satu pasangan tertentu.

Untuk itu, Pemprov DKI Jakarta terus mengoptimalkan imbauan maupun ajakan kepada ASN yang bekerja di masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD) agar memiliki sikap netral pada pilkada tersebut.

Sebab, sikap netral itu merupakan demokrasi yang sehat sehingga melahirkan pemimpin yang mampu menyejahterakan masyarakat.

Begitu juga sikap netral harus dilaksanakan oleh KPU dan Bawaslu,termasuk anggota TNI serta Polri.

"Kami minta ASN tidak berpolitik praktis dengan memihak salah satu calon pasangan tertentu, sehingga dapat mencoreng demokrasi di Tanah Air itu," katanya menjelaskan.

Sumarsono meminta KPU dan Bawaslu juga dapat menekan bentuk pelanggaran dan kecurangan pada pilkada DKI Jakarta itu.

Selain itu juga pilkada berjalan nyaman, tertib dan serta tidak terjadi tindakan kekerasan yang bisa merugikan masyarakat.

Karena itu, pihaknya berharap pilkada yang akan dilaksanakan secara serentak 15 Februari 2017 dapat menciptakan suasana aman.

"Kami optimistis pelaksanaan pilkada DKI Jakarta aman,damai dan nyaman," ujarnya.

Menurut Sumarsono, Pemprov DKI Jakarta akan memberikan penghargaan bagi kelurahan yang partisipasi masyarakatnya menggunakan hak suara tertinggi pada pilkada tersebut.

Penghargaan itu berupa sertifikat "Anugerah Demokrasi" guna meningkatkan partisipasi politik masyarakat dalam melaksanakan pesta demokrasi yang baik dan berkualitas.

Pemprov DKI Jakarta juga menargetkan partisipasi masyarakat pada pilkada sekitar 77 persen dari daftar pemilih tetap (DPT).

Untuk mencapai angka tersebut, kata dia, Pemprov dan KPU DKI Jakarta terus memaksimalkan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat agar mendongkrak partisipasi suara pada pilkada itu.

"Kegiatan sosialisasi dipastikan dapat mendongkrak angka partisipasi masyarakat menggunakan hak pilihnya," kata Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno.

Pilkada DKI diikuti tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, yakni nomor urut (1) Agus Harimurti dan Sylviana Murni, (2) Basuki Tjahaja "Ahok" Purnama dan Djarot Saiful Hidayat (3) Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

"Semua balon gubernur DKI Jakarta itu memenuhi persyaratan dan sudah memenuhi mekanisme tahapan," katanya.

Ia menyebutkan, pasangan Agus Murti dan Sylviani didukung Partai Demokrat, PKB, PPP dan PAN.

Pasangan Basuki Tjahaja "Ahok" Purnama dan Djarot Saiful Hidayat Partai PDI-Perjuangan, Golkar, NasDem dan Hanura.

Sedangkan, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno diusung Partai Gerindra dan PKS.

"Kami berharap pelaksanaan pilkada ini memiliki kualitas dan tidak terjadi pelanggaran," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pilkada DKI 2017

Sumber : Antara

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top