Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tangsel Ubah Sistem Sewa Kios Pasar Menjadi Tahunan

Para pedagang Pasar Ciputat, Tangerang Selatan, belum seluruhnya mengetahui rencana peremajaan tempat usahanya disertai dengan perubahan sistem kontrak per Mei 2017.
Lapak Pasar tradisional. Ilustrasi/Antara
Lapak Pasar tradisional. Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, TANGSEL-Para pedagang Pasar Ciputat, Tangerang Selatan, belum seluruhnya mengetahui rencana peremajaan tempat usahanya disertai dengan perubahan sistem kontrak per Mei 2017.

Wawan Setiawan, pemilik kios di Pasar Ciputat, mengatakan dirinya sudah mendengar rencana peremajaan pasar tradisional tersebut, namun belum mengetahui tentang perubahan sistem kontraknya menjadi tahunan.

“Pedagang kontrak kios dengan pengelola, saat masih di bawah Kabupaten Tangerang, untuk jangka waktu 10 tahun yang akan berakhir Mei 2017. Saya tidak tahu kalau nanti kontraknya dibuat tahunan,” katanya, Rabu (23/11/2016).

Menurutnya, kontrak kios di pasar yang harus diperbarui setiap tahun sepertinya merepotkan para pedagang, apalagi kalau disertai dengan pembayaran kontraknya sekaligus.

Dia menjelaskan sejak pengelolaan pasar tradisional dilimpahkan oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang kepada Pemerintah Kota Tangsel pada Januari 2016 memang ada beberapa perubahan yang lebih baik, termasuk fisik bangunannya.  

Sementara itu Rohidin, Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tangsel, mengatakan Perusahaan Daerah Pasar Kabupaten Tangerang memberlakukan kontrak sewa kios dan lapak untuk jangkan puluhan tahun.

Namun, lanjutnya, banyak pedagang menyewakan kembali kiosnya ke pedagang lain dengan harga yang lebih tinggi. Untuk mecegah agar hal itu tidak terulang, maka sistem kontrak kios dan lapak diubah dengan sistem sewa per tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper