Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bareng dengan Aksi 212, Wakapolda Metro Jaya Imbau Demo Buruh Ditunda

Pihak kepolisian meminta agar demo buruh yang rencananya akan dilaksanakan bersamaan dengan Aksi Bela Islam Jilid III pada Jumat (2 /11/2016) nanti bisa ditunda.
Demo buruh menolak upah minimum berjalan menuju Istana Presiden pada 30 Oktober 2015/Reuters-Beawiharta
Demo buruh menolak upah minimum berjalan menuju Istana Presiden pada 30 Oktober 2015/Reuters-Beawiharta

Kabar24.com, JAKARTA - Pihak kepolisian meminta agar demo buruh yang rencananya akan dilaksanakan bersamaan dengan Aksi Bela Islam Jilid III pada Jumat (2 /11/2016) nanti bisa ditunda.

 Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Suntana menyebutkan pihaknya sudah mendengar bahwa kelompok yang akan melaksanakan aksi demo buruh telah  mengambil keputusan terkait waktu pelaksanaan demo.

Namun demikian, dia tetap mengimbau agar aksi demo buruh bisa ditunda sebab aksi Bela Islam Jilid III yang akan dilaksanakan pada waktu yang sama menurutnya akan memerlukan konsentrarsi khusus dari pihakanya.

“Tadi kami mendengar bahwa mereka sudah mengambil keputusan akan demo tetap tanggal 2 [Desember]. Kami tetap akan mengimbau kepada rekan-rekan buruh, silakan menyampaikan pendapat, tetapi kalau bisa diundur karena kita sedang ada kegiatan yang cukup besar dan membutuhkan konsentrasi khusus,” pintanya.

Die melanjutkan permintaan untuk menunda aksi demo oleh para buruh juga demi menghindari potensi terjadinya provokasi massa di kedua belah pihak baik para massa demo buruh dan massa Aksi Bela Islam Jilid III.

“Kita sedang ada kegiatan cukup besar dan membutuhkan konsentrasi khusus. Jangan sampai nanti ada provokasi di kedua belah pihak. Jadi rekan-rekan buruh silahkan diatur unjuk rasa di lain waktu dan pasti akan kita amankan sesuai degan tugas polisi,” katanya.

Menurut Suntana, menyampaikan pendapat merupakan hak masyarakat termasuk buruh. Namun, dalam melaksanakan hal ini, dia mengingatkan agar para buruh yang akan melakukan aksi demo juga mengingat kepentingan masyarakat lain serta kepentingan negara.

“Silakan saja [buruh melakukan demo] yang akan diatur dengan aturan-aturan yang ada, tidak masalah,” katanya.

Suntana juga menyebutkan kalaupun para buruh bersikeras untuk melakukan aksi demo di hari yang sama, pihaknya akan mengatur agar aksi tersebut ditempatkan di lokasi berbeda dengan kegiatan massa dari Aksi Bela Islam Jilid III.

Seperti diketahui, GNPF-MUI telah bersepakat bahwa pihaknya akan memusatkan kegiatan yang terdiri atas pembacaan Al-Quran, tausiah, dan Shalat Jumat di lapangan Monumen Nasional (Monas) dari rencana sebelumnya menunaikan sholat Jumat di sepanjang jalan protokol Sudirman-Thamrin.

Menurut Suntana, pihaknya juga sudah meminta GNPF untuk turut mengimbau agar para buruh menjalankan aksi demo di lokasi berbeda. “Kalau ketemu nanti kita diskusikan apakah akan bergabung? Apakah akan memaksakan di suatu tempat yang bersama-sama, kan itu membahayakan,” katanya.

Dia juga mengutarakan bahwa pihaknya akan secepatnya melakukan koordinasi dengan pihak buruh terkait rencana aksi demo buruh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper