Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jakarta Banjir : Sejumlah Pintu Air Siaga 3 & 4

Hujan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah Ibu Kota sejak Senin pagi (20/2/2017) berpotensi menimbulkan banjir di beberapa wilayah DKI Jakarta.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 20 Februari 2017  |  14:16 WIB
Warga menjala ikan di pintu air yang dipenuhi busa, di hulu Kanal Banjir Timur, Jakarta Utara, Kamis (9/2).  - Antara
Warga menjala ikan di pintu air yang dipenuhi busa, di hulu Kanal Banjir Timur, Jakarta Utara, Kamis (9/2). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Hujan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah Ibu Kota sejak Senin pagi (20/2/2017) berpotensi menimbulkan banjir di beberapa wilayah DKI Jakarta.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Husen Murad mengatakan, pihaknya siap siaga untuk terus memantau tinggi muka air di beberapa bendungan dan pintu-pintu air strategis.

"Saat ini, keadaan di lapangan sudah masuk siaga 3 dan 4 di beberapa pintu air yang ada di wilayah Jakarta dan sekitarnya," ujarnya kepada Bisnis, Senin (20/2/2017).

Berdasarkan data BPBD DKI hingga pukul 13.00 wib, tinggi muka air di pintu air Katulampa 60 cm dengan status siaga 4; Depok 130 cm siaga 4; Manggarai 680 cm siaga 4; Karet 430 cm siaga 4; Krukut Hulu 100 cm siaga 4; Pesanggrahan 85 cm siaga 4; dan Angke Hulu 95 cm siaga 4.

"Kami pantau Waduk Pluit -175 cm. Pasar Ikan 170 cm masuk siaga 3; Cipinang Hulu 130 cm siaga 4; Sunter Hulu 80 cm Siaga 4;  dan Pulogadung 570 cm masuk siaga 3," katanya.

Dari hasil pemantauan BPBD DKI, banjir pada hari ini terjadi di Kelurahan Cipinang Melayu dan Cipinang Muara. Ketinggian air mencapai 80 cm.

Dia menuturkan, banjir di dua wilayah tersebut membuat ratusan penduduk yang tinggal di bantaran kali Ciliwung harus mengungsi dari rumahnya yang saat ini terendam banjir.

"Kami mencatat jumlah pengungsi ada 325 jiwa untuk kecamatan Cipinang Melayu saja. Mereka sampai saat ini berteduh di Masjid Universitas Borobodur. Belum ada data untuk Cipinang Muara," imbuhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

banjir Banjir Jakarta
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top