Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HUT Kota Bekasi Ke-20, Pramuka Jelajahi Budaya & Sejarah

Ribuan anggota Pramuka Kota Bekasi, Jawa Barat, memperingati hari jadi daerah ke-20 tahun pada 2017 melalui kegiatan jelajah budaya dan sejarah.
Ilustrasi aktivitas Pramuka/Antara
Ilustrasi aktivitas Pramuka/Antara

Bisnis.com, BEKASI - Ribuan anggota Pramuka Kota Bekasi, Jawa Barat, memperingati hari jadi daerah ke-20 tahun pada 2017 melalui kegiatan jelajah budaya dan sejarah Kota Bekasi.

"Kegiatan ini dipusatkan di tiga titik lokasi yakni Lapangan Jatiranggon Kecamatan Jatisampurna, Kecamatan Pondokgede dan Kecamatan Pondokmelati," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi Alexander Zulkarnaen di Bekasi, Jawa Barat, pada Minggu (5/3/2017).

Menurut dia, kegiatan itu diikuti oleh sekitar 10 ribu anggota dan pengurus Pramuka Kota Bekasi mulai dari tingkat siaga, penggalang, penegak dan pendega serta anggota dewasa dari 12 kecamatan setempat.

Adapun bentuk kegiatan yang dilakukan berupa permainan tradisional khas Bekasi seperti engrang, dampu, gerobak sodor, pletokan bahasa Bekasi dan lainnya.

Para peserta juga mengikuti kegiatan jelajah Bekasi melalui jalan santai mulai dari Alun-alun Kota Bekasi menuju perkemahan di Pondok Pesantren At-Taqwa, Ujungharapan, Kecamatan Bekasi Utara.

"Selama perjalanan, peserta akan melintasi sejumlah pos permainan tradisional, adu pantun, serta refleksi budaya dan sejarah Bekasi. Di lokasi akhir, peserta berziarah ke makam Pahlawan KH Noer Alie," katanya.

Kegiatan itu juga dihadiri sejumlah tokoh daerah seperti Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, KH Amin Moer selaku putra dari KH Noer Alie dan sejumlah pengurus Pramuka Jabar.

Salah satu peserta kegiatan dari SMAN2 Kota Bekasi, Bramarvy, mengaku sangat senang menjalani rangkaian kegiatan tersebut karena bisa mengetahui sejarah dan budaya Bekasi.

"Anak muda zaman sekarang bergaulnya sudah terbiasa dengan media sosial, sampai obrolan hingga permainan berbasis aplikasi. Tapi tadi saya coba main gerobak sodor seru juga," ujarnya.

Siswa kelas VIII SMA itu juga mengaku mulai mengenal sosok KH Noer Alie melalui perannya memperjuangkan kemerdekaan di lini perang Karawang-Bekasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper