Tjahjo Minta DKI Kerjasama Pembangunan dengan Daerah Sekitarnya

Pemerintah pusat meminta DKI Jakarta membuka diri dan mau bekerjasama dengan daerah sekitarnya dalam melaksanakan pembangunan yang berkelanjutan di ibu kota
Lili Sunardi | 29 Maret 2017 14:15 WIB
Pekerja melintas di area pembangunan turap bantaran Sungai Ciliwung, di kawasan Kampung Melayu, Jakarta, Rabu (22/3). - Antara/Risky Andrianto

Bisnis.com, JAKARTA—Pemerintah pusat meminta DKI Jakarta membuka diri dan mau bekerjasama dengan daerah sekitarnya dalam melaksanakan pembangunan yang berkelanjutan di ibu kota.

Tjahjo Kumolo, Menteri Dalam Negeri, mengatakan berapa kebijakan pembangunan di DKI Jakarta harus melibatkan daerah sekitarnya. Pemerintah daerah pun dapat memanfaatkan Musyawarah Perencanaan Pembangunan di daerahnya masing-masing, untuk merealisasikan kerja sama tersebut.

“Kalau mau seluruh pembangunan di DKI Jakarta mau sukses, maka harus bersinergi dengan Tangerang, Tangerang Selatan, Bekasi, Bogor, dan Depok. Misalnya saja kebijakan untuk mengatasi banjir dan kemacetan yang harus disinergikan,” katanya, Rabu (29/3).

Tjahjo menuturkan dalam upaya mengatasi banjir dan kemacetan di Jakarta, Pemerintah Provinsi harus melibatkan pemerintah daerah di sekitarnya. Pasalnya, saat ini banyak masyarakat Urbaningrum yang bekerja di Jakarta, tetapi tinggal di daerah sekitarnya.

Menurutnya, eksekutif di daerah juga harus menjalin komunikasi yang baik dengan legislatif, dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda). Keterlibatan seluruh pimpinan instansi negara di daerah sangat penting, untuk memastikan pembangunan di daerah berjalan baik.

“Setiap kebijakan politik pembangunan daerah harus disepakati oleh pemerintah daerah dan DPRD. Selain itu, Forkompimda juga harus dilibatkan dalam pembahasannya, agar tercipta sinergi di daerah,” ujarnya.

Tjahjo melanjutkan Kejaksaan, Polri, dan TNI juga memiliki peran dalam memastikan seluruh kebijakan daerah dan pusat dilaksanakan di lapangan. Pemerintah daerah bukan hanya soal kepala daerahnya, tetapi juga sinergi bersama legislatif, Kejaksaan, Polri, dan TNI.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pemprov dki, tjahjo kumolo

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top