Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Volvo Dukung Pengadaan Bus Transjakarta

Produsen bus terkemuka, Volvo, menyiapkan 128 unit Maxi bus untuk ikut dalam layanan Transjakarta. Pengoperasian bus baru ini diwujudkan melalui kemitraan dengan PT Steady Safe Tbk.
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com 31 Maret 2017  |  19:47 WIB
Logo Volvo - Reuters/Denis Balibouse
Logo Volvo - Reuters/Denis Balibouse

Bisnis.com, JAKARTA - Produsen bus terkemuka, Volvo, menyiapkan 128 unit Maxi bus untuk ikut dalam layanan Transjakarta. Pengoperasian bus baru ini diwujudkan melalui kemitraan dengan PT Steady Safe Tbk.

Transjakarta dan Steady Safe menandatangani kesepakatan kerja sama untuk pengoperasian 128 unit Maxi bus. Dalam kemitraan berjangka waktu 10 tahun ini, Steady Safe akan menggunakan Volvo Bus B11R-370 6x2 yang akan disuplai dan selama operasi mendapatkan perawatan PT Indotruck Utama, anak usaha Indomobil Group yang bertindak sebagai importir dan distributor Volvo Bus.

Di samping Volvo Bus, PT Indotruck Utama merupakan dealer Volvo Truck dan Volvo Construction Equipment (alat-alat berat).

Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Budi Kaliwono mengatakan jumlah Volvo bus yang akan dioperasikan adalah 128 unit. Poin ini merupakan kesepakatan antara Transjakarta dan Steady Safe.

“Diharapkan seluruh unit tersebut dapat terealisasi secara bertahap di kuartal terakhir 2017 ini,” ujarnya dalam siaran pers, diterima Jumat (31/3/2017).

Volvo B11R-370 6x2 memiliki keunggulan chasis bus yang akan digunakan adalah produksi Volvo Bus Corporation dengan automatic transmission dilengkapi pembatas percepatan (accelerator limiter). Juga terdapat suspensi udara (air suspension) di semua roda untuk kenyamanan penumpang dan rem cakram (disc brake) di semua roda untuk menjamin keselamatan.

Chassis bus B11R ini akan dilengkapi karoseri dalam negeri, Laksana, dari Ungaran, Jawa Tengah, sesuai dengan standar PT Transportasi Jakarta.

Ia menambahkan, masyarakat dapat menikmati kenyamanan dan keamanan naik angkutan Transjakarta dengan bus kelas dunia.

"Transjakarta berkomitmen untuk selalu menggunakan armada pilihan demi memberikan pelayanan terbaik buat pelanggan Transjakarta," katanya.

Volvo Bus adalah salah satu produsen bus terkemuka yang telah menyediakan bus-bus untuk sistem transit cepat (bus rapid transit, BRT) untuk kota-kota di dunia seperti Curitiba (ibu kota negara bagian Brasil, Paraná), Bogota, Gothenburg, Mexico City, Cape Town, dan New York City.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

transjakarta
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top