PILGUB DKI 2017 : Survei SMRC, Ahok & Anies Selisih 1%

Lembaga Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyatakan berdasarkan survei Anies-Sandi memperoleh keterpilihan tertinggi dalam survei yang mereka lakukan.
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com 12 April 2017  |  15:45 WIB
PILGUB DKI 2017 : Survei SMRC, Ahok & Anies Selisih 1%
Debat Cagub dan Cawagub DKI Jakarta, paslon nomor 2 Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot, paslon nomor 3 Anies Baswedan dan Sandiaga Uno - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyatakan berdasarkan survei Anies-Sandi memperoleh keterpilihan tertinggi dalam survei yang mereka lakukan.

"Ada tren dukungan pada masing-masing calon. Anies-sandi sudah berada di atas, namun trennya selisih suara semakin mengecil [disusul oleh Ahok]," kata Deni irvani, Direktur SMRC di Jakarta, Rabu (12/4/2017).

Dalam survei yang dilakukan sepanjang 31 maret - 5 April itu, Deni mengatakan pihaknya menemukan keterpilihan Anies-Sandi sebesar 47,9% dan Ahok-Djarot 46,9%. Sedangkan sisanya sebesar 5,2% menolak menyampaikan siapa gubernur DKI Jakarta yang akan mereka pilih pada 19 April mendatang.

Dia mengatakan, jika diambil median dengan mendistribusikan suara tidak memilih secara rata maka Anies-Sandi akan memperoleh dukungan 50,5% melawan Ahok-Djarot sebesar 49,5%.

Meski Anies-Sandi lebih unggul, Deni mengatakan pihaknya menetapkan error sebesar 4,7% dalam survei ini. Artinya pihaknya tidak mengetahui pasti siapa yang akan dipilih oleh Warga Jakarta.

"Selisih tidak signifikan, kami tidak mengetahui secara pasti siapa yang unggul."

Dalam survei ini, SMRC menggunakan metode stratified systematic random sampling dengan jumlah responden direncanakan 800 orang. Akan tetapi yang berhasil di wawancarai hanya 446 responden (55,8%).

Dikatakan, dalam metode ini pihaknya berupaya memilih sampel semirip mungkin dengan populasi daftar pemilih. Rasio kesesuaian ini meliputi gender, kesukuan, agama hingga rasio penduduk per wilayah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Pilkada DKI 2017

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top