Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pasar Grosir Milik Pemprov DKI Jakarta Diresmikan

Pengadaan pusat grosir di tengah-tengah pasar tradisional di DKI Jakarta, yang telah direncanakan sejak 2016 oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Perusahaan Daerah Pasar Jaya, mulai dilakukan soft opening pada hari ini, Jumat (8/9/2017).
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 08 September 2017  |  13:01 WIB
Grosir-Ilustrasi - Antara/Rony Muharrman
Grosir-Ilustrasi - Antara/Rony Muharrman

Bisnis.com, JAKARTA – Pengadaan pusat grosir di tengah-tengah pasar tradisional di DKI Jakarta, yang telah direncanakan sejak 2016 oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Perusahaan Daerah Pasar Jaya, mulai dilakukan soft opening pada hari ini, Jumat (8/9/2017).

Pasar bernama Jakgrosir ini dibangun di Pasar Induk Kramat Jati dengan luas bangunan kurang lebih 3.800 meter persegi dan menampung sebanyak 2.114 jenis barang pada tahap awal.

Arief Nasrudin, Direktur Utama PD Pasar Jaya mengatakan Jakgrosir merupakan induk dari Jakmart dan Mini Distribution Center yang ada di Jakarta sehingga nantinya pedagang bisa mendapatkan barang dengan harga yang murah dan bersaing.

“Komoditas yang dijual di Jakgrosir harganya lebih murah dan bersaing sehingga diharapkan memudahkan pedagang dalam mendapatkan barang,” ujarnya seusai peresmian Jakgrosir di Pasar Induk Kramat Jati, Jumat (8/9/2017).

Sistem yang digunakan di dalam Jakgrosir menerapkan system cashless, pedagang yang ingin belanja komoditi harus memiliki kartu pedagang, kartu Monas Bisnis Perkulakan, yang saat ini sudah mulai disebarkan di sejumlah pasar.

“Tahap awal kartu pedagang sudah disebarkan di Pasar Induk Kramat Jati, UPB Kramat Jati, Pasar Pramuka dan UPB Jatinegara, dan akan terus berlanjut ke seluruh pasar se-DKI,” katanya.

Selain pedagang yang terdaftar oleh PD Pasar Jaya, ada tiga kategori lainnya yang bisa berbelanja ke Jakgrosir antara lain pegawai Pemda DKI, Karyawan Pasar Jaya dan masyarakat yang memiliki Kartu Jakarta Pintar.

Mereka dapat membeli barang dalam jumlah banyak [per bungkus karton] dan dalam jumlah satuan. Pola perkulakan atau Jakgrosir merupakan salah satu langkah PD Pasar Jaya untuk menekan inflasi daerah.

Ke depannya direncanakan Jakgrosir harus ada di setiap wilayah kota termasuk Kabupaten Pulau Seribu sehingga harga jual barang di DKI Jakarta bisa terawasi. Jakgrosir beroperasi setiap hari mulai pukul 07.00 - 22.00 WIB.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

grosir
Editor : Fajar Sidik
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top