Perayaan Malam Tahun Baru 2018: Bersihkan Sampah, 30 Mobil Penyapu Jalan Disiapkan

Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta bakal mengerahkan sebanyak 30 unit mobil penyapu jalan atau road sweeper pada perayaan malam tahun baru 2018.
Denis Riantiza Meilanova | 31 Desember 2017 18:29 WIB
Warga berolah raga dengan latar belakang Tugu Monas di Jakarta, Jumat (4/8). Monas disorot lampu warna ASEAN hingga 8 Agustus 2017 untuk memperingati 50 tahun dibentuknya lembaga kerjasama negara-negara kawasan Asia Tenggara. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A - ama

Bisnis.com, JAKARTA — Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta bakal mengerahkan sebanyak 30 unit mobil penyapu jalan atau road sweeper pada perayaan malam tahun baru 2018.

"Selain mengerahkan ribuan Pasukan Orange para petugas kebersihan, kami juga akan mengerahkan mobil-mobil penyapu jalan. Ada 30 unit yang akan kami kerahkan," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji melalui keterangan persnya, Minggu (31/12/2017).

Adji menuturkan road sweeper akan dikerahkan untuk membersihkan seluruh sampah yang ada selama malam perayaan pergantian tahun di sejumlah lokasi yang menjadi pusat keramaian warga.

"Pembersihan sampah dengan menggunakan mobil-mobil penyapu jalan itu rencananya akan kami mulai pada pukul 02.00 dini hari sejak massa mulai mencair. Kami targetkan pada pukul 06.00 pagi, tanggal 1 Januari 2018, semua sampah sudah diangkut dan Jakarta kembali bersih," kata Adji.

Mobil penyapu jalan yang dimiliki oleh Pemprov DKI diketahui bermerek Dulevo tipe 6000, salah satu produsen kendaraan untuk pembersih jalan asal Italia.

Dulevo 6000 merupakan kendaraan pembersih bermesin diesel. Meski hanya memiliki kecepatan maksimum 42 kilometer per jam, kendaraan ini memiliki daya tampung sampah dengan kapasitas 6,2 meter kubik.

Dulevo 6000 mampu membersihkan area seluas 105.000 meter persegi hanya dalam satu jam. Sikat depan dari kendaraan ini juga memiliki kemampuan manuver 180 derajat. Sehingga dapat menyapu area yang sempit seperti halnya selokan.

Selain itu, Pemprov DKI juga memiliki merek Hino-Ceksan berkapasitas 4 meter kubik yang merupakan mounted sweeper yang 100% menggunakan sistem vacuum sweeper.

Adji menambahkan, road sweeper merupakan kendaraan pembersih yang fungsinya setara tenaga penyapu manual sebanyak 60 orang penyapu jalan.

"Dengan teknologi generasi terakhir, yang tidak hanya mesin penyapu jalan biasa, namun kombinasi antara mechanical sweeper dan vacum sweeper. Sehingga paku-paku di jalan pun dapat tersapu," kata Adji.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Natal dan Tahun Baru

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top