Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tips Membersihkan Rumah Setelah Banjir

Palang Merah Indonesia (PMI) memberikan sejumlah tips bagi masyarakat untuk membersihkan rumah pascabanjir, sebagaimana yang disampaikan dr Putri Srihartaty dari Unit Transfusi Darah Pusat PMI.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 09 Februari 2018  |  07:00 WIB
Warga melintasi genangan air di kawasan Jatimakmur, Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (19/2). Banjir akibat tingginya curah hujan yang melanda wilayah setempat membuat puluhan rumah terendam banjir hingga ketinggian sekitar 50-70 cm. ANTARA FOTO/Septianda Perdana -
Warga melintasi genangan air di kawasan Jatimakmur, Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (19/2). Banjir akibat tingginya curah hujan yang melanda wilayah setempat membuat puluhan rumah terendam banjir hingga ketinggian sekitar 50-70 cm. ANTARA FOTO/Septianda Perdana -

Bisnis.com, JAKARTA - Palang Merah Indonesia (PMI) memberikan sejumlah tips bagi masyarakat untuk membersihkan rumah pascabanjir, sebagaimana yang disampaikan dr Putri Srihartaty dari Unit Transfusi Darah Pusat PMI.

Pertama, matikan arus listrik sebagai tindakan pertama yang harus dilakukan sebelum membersihkan rumah pasca banjir untuk menghindari adanya arus listrik yang terhantar melalui genangan air di dalam rumah.

"Dengan mematikan arus listrik akan aman, kita bisa terhindar dari bahaya sengatan arus listrik," ujar Putri, Kamis (8/2/2018) malam.

Saat banjir biasanya air yang masuk ke dalam rumah juga membawa lumpur dan kotoran, oleh karenanya diperlukan air bersih untuk menghilangkan lumpur dan kotoran, atau jika sulit dihilangkan bisa menggunakan cairan pembersih atau desinfektan yang juga mampu membunuh kuman.

Bersihkan lumpur dan sampah yang tertinggal karena dikhawatirkan bisa menjadi sumber munculnya demam berdarah akibat nyamuk yang bersarang di lokasi yang tergenang air maupun penyakit akibat kotoran tikus.

"Dan jangan gunakan air bekas genangan banjir untuk membersihkan perabotan rumah anda karena rawan terkontaminasi zat-zat yang berbahaya," katanya dengan tegas.

Langkah selanjutnya perhatikan dinding di rumah, apabila terlihat kotor akibat lumpur yang menempel maka segera bersihkan dengan sikat dan cairan desinfektan, atau lakukan pengecatan ulang apabila cat pada dinding telah mengelupas.

Selain interior rumah, biasanya perangkat elektronik juga ikut kena imbas dari banjir, oleh sebab itu jangan langsung menyambungkan perangkat elektronik dengan arus listrik, tutur Putri.

"Kalau memang terkena air jangan langsung dicolokkan ke listrik karena jelas akan menyebabkan kerusakan. Lebih baik bawa perangkat yang rusak ke tempat perbaikan yang terpercaya agar tidak merugikan atau malah membahayakan diri sendiri," kata dia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Banjir Jakarta

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top