Membandingkan Spesifikasi Kereta MRT dan LRT Jakarta, Mana yang Lebih Keren?

Warga Jakarta saat ini tengah menunggu operasional dua moda transportasi massal, yaitu mass rapid transit (MRT) dan light rail transit (LRT). Berikut perbandingan spesifikasi kereta MRT dan LRT Jakarta.
Feni Freycinetia Fitriani | 22 Februari 2018 13:46 WIB
Tampilan MRT dan LRT yang akan segera beroperasi di Jakarta. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Warga Jakarta saat ini tengah menunggu operasional dua moda transportasi massal, yaitu mass rapid transit (MRT) dan light rail transit (LRT).

Angkutan berbasis kereta tersebut diharapkan dapat mengubah kebiasaan warga, yaitu yang tadinya mengendarai kendaraan pribadi beralih menjadi pengguna transportasi publik. Dengan demikian, angka kemacetan lalu lintas di jalanan ibu kota pun bisa berkurang.

Dua moda transportasi tersebut digarap oleh badan usaha milik daerah (BUMD) DKI Jakarta, yaitu PT MRT Jakarta dan PT Jakarta Propertindo. Selain membangun prasarana berupa jalan layang dan jalur bawah tanah (elevated - underground), dua perusahaa daerah tersebut juga ditugaskan untuk membuat gerbong kereta atau rolling stock.

Sebanyak dua rangkaian kereta (trainset) atau 12 cars, yaitu istilah gerbong untuk MRT, bakal dikirimkan dari Jepang melalui kargo laut menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Jika tak ada aral melintang, kereta tersebut akan sampai di Jakarta bulan depan.

Sementara itu, kereta LRT Jakarta saat ini tengah dicat di pabrik yang berlokasi di Korea Selatan. Dua gerbong pertama akan tiba di Jakarta paling lambat pada akhir April 2018.

Berikut perbandingan spesifikasi kereta MRT dan LRT Jakarta:

1. Desain
Kereta MRT Jakarta didominasi warna biru dan abu-abu metalik. Desain tersebut merupakan desain kedua yang dipilih oleh tim Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan dibuat oleh desainer dari pabrik Nippo Sharyo.

Kereta LRT Jakarta dibalut warna putih dengan detil cat warna hitam, merah, dan biru muda. Desain tersebut dibuat oleh pabrikan asal Korea Selatan.

2. Dimensi
Kereta MRT Jakarta memiliki dimensi 20m x 2,9m x 3,9m untuk masing-masing gerbong kereta. Sementara itu, kereta LRT memiliki dimensi yang lebih kecil yaitu 11,5m x 2,6m x 3,6m.

3. Jumlah Rangkaian
Satu set rangkaian MRT terdiri dari enam kereta dengan jumlah total yang dipesan sebanyak 16 set rangkaian. Sementara itu, satu set rangkaian LRT terdiri dari 2-3 kereta dan total yang dipesan PT Jakpro berjumlah 16 set rangkaian.

4. Kapasitas Penumpang
Rolling stock MRT Jakarta mampu menampung 332 orang per kereta atau 1.950 orang per rangkaian. Di sisi lain, LRT Jakarta hanya menampung 118 oragn per kereta atau tak lebih dari 500 orang per rangkaian satu kali jalan.

5. Material
Kereta MRT dibuat dari material baja anti karat dengan berat satu kereta 31-35 ton. Sementara itu, gerbong LRT dibuat dari bahan aluminium campuran.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
mrt, LRT

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top