ASIAN GAMES 2018: Proyek Penataan Trotoar Sudirman-Thamrin Dimulai

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan penataan ulang jalan dan trotoar di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman-Jalan MH. Thamrin.
Feni Freycinetia Fitriani | 06 Maret 2018 09:47 WIB
Pejalan kaki berjalan di trotoar kawasan Sudirman, Jakarta, Senin (18/4). Pemprov DKI Jakarta berencana menghapuskan jalur lambat di kawasan Jalan Sudirman dan Jalan Thamrin, untuk memperluas jalur pejalan kaki (pedestrian) hingga 9,5 meter, menyusul pembangunan stasiun Mass Rapid Transid (MRT) yang akan segera direalisasikan. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan penataan ulang jalan dan trotoar di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman-Jalan MH. Thamrin, sebagai bagian dari upaya menyukseskan Asian Games 2018.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan penataan tersebut bertujuan untuk mewujudkan jalur pedestrian yang lebih ramah bagi para pejalan kaki.

"Saya mengapresiasi penuh program penataan trotoar di sepanjang Sudirman-Thamrin. Setelah ini akan melakukan sosialisasi kepada warga Jakarta," ujarnya di Balai Kota, Selasa (6/3/2018).

Anies melanjutkan area penataan jalan dan trotoar dimulai dari Patung Pemuda Membangun, Simpang Susun Semanggi, Patung Selamat Datang (Bundaran HI), Patung Kuda Arjuna Wiwaha.

Kegiatan pembangunan sekaligus sosialisasi sangat penting lantaran trotoar merupakan fasilitas pendukung penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan di antara fasilitas-fasilitas lainnya. Ketentuan tersebut telah dicantumkan dalam Pasal 45 ayat (1) UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ).

"Trotoar akan memfasilitasi lajur sepeda, tempat penyeberangan pejalan kaki, halte, dan/atau fasilitas khusus bagi penyandang difabel dan para lanjut usia," imbuhnya.

Forum sosialisasi yang akan dilaksanakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyangkut tiga hal. Pertama, sehubungan dengan rencana penataan jalan dan trotoar di koridor Jalan Jenderal Sudirman-Jalan MH. Thamrin.

Kedua, mempersiapkan keindahan kawasan Jalan Jenderal Sudirman-Jalan MH. Thamrin sebagai jalan protokol utama di Jakarta.

"Terakhir, kami ingin meningkatkan citra Jakarta, ibu kota Indonesia dalam menyambut peserta Asian Games 2018 pada Agustus," ucap Anies.

Penataan meliputi lajur Transjakarta, lajur mobil/kendaraan roda empat, lajur motor dan bus reguler/wisata, trotoar dan kelengkapannya, serta penghijauan berupa pohon-pohon peneduh dan taman.

Tag : dki jakarta, Asian Games 2018
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top