Viral di Media Sosial, Warga Gelar Tarawih di JPO Pasar Gembrong

Beberapa hari terakhir jagat dunia maya dihebohkan dengan beredar foto warga yang melakukan salat tawarih di atas jembatan peyeberangan orang (JPO) Pasar Gembrong, Jakarta Timur.
Feni Freycinetia Fitriani | 24 Mei 2018 14:58 WIB
Sejumlah umat muslim menjalankan ibadah salat Tarawih. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa hari terakhir jagat dunia maya dihebohkan dengan beredar foto warga yang melakukan salat tawarih di atas jembatan peyeberangan orang (JPO) Pasar Gembrong, Jakarta Timur.

Hal itu menjadi catatan Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno. Dia pun menceritakan asal-mula warga mengokupansi fasilitas umum untuk ibadah di bulan Ramadan.

Dikatakan, jamaah masjid di Cipinang Besar Utara membeludak. Dia pun baru diberi tahu Lurah setempat bahwa situasi tersebut terjadi setiap tahun pada  Ramadan di hari pertama sampai hari kesepuluh.

"Walaupun sudah direnovasi ternyata tidak mencukupi [tempatnya]. Akhirnya, sebagian jamaah tidak ingin berdesak-desakan dan memilih salat di atas JPO," katanya di Balai Kota DKI, Kamis (23/5/2018).

Sandi menuturkan telah mengimbau Lurah dan Camat Cipinang untuk dicarikan ruangan tambahan di atas permukaan tanah. Pasalnya, ada sebagian masyarakat yang sangat khawatir dengan kegiata tarawih di atas JPO. Selain tempat yang sempit, salat di atas JPO berbahaya dan bisa mengancam keselamatan dan mengganggu arus lalu-lintas di bawahnya.

Sandi mengaku pihaknya akan menangani fenomena ini agar tidak terjadi di kemudian hari. Seperti diketahui, lanjutnya, salat tarawih sangat baik untuk meningkatkan silaturahim, menebar rahmah di 7 hari pertama di Ramadhan.

"Insya Allah justru semangat ini akan salurkan untuk mendapat tempat yang lebih layak di dekat masjid di sana. Lagi dicarikan tanahnya oleh Pak Lurah dan Pak Camat," imbuhnya.

Tag : Ramadan
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top